Aceh Tamiang dan Langkat Bahas Penanganan Pemulasaran Jenazah Covid-19

halaman7.com – Aceh Tamiang: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tamiang dan Kabupaten Langkat, Sumatera Utara melakukan Rapat Koordinasi Penanganan Pemulasaran Jenazah Covid-19 antar kedua daerah bertetangga ini di Aula Setdakab Aceh Tamiang, Jumat 25 September 2020.

Rapat dipimpin Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tamiang Basyaruddin. Sekda mengatakan  Pemkab Aceh Tamiang dengan Langkat memiliki hubungan baik. Terlebih lagi kedua daerah  merupakan wilayah yang bertetangga walau beda provinsi.

Tentunya dari berbagai bidang memiliki hubungan yang baik. Salah satunya dengan mengarahkan instansi di bidang pelayanan agar memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada setiap warga Langkat yang datang berobat ke Kabupaten Aceh Tamiang.

“Jangan sampai ada perbedaan dalam pelayanan kesehatan untuk warga Langkat dan Aceh Tamiang. Karena kita ini bersaudara,” ujar Sekda.

Namun, lanjut Sekda, dalam penanganan permasalahan Covid-19 tetap harus mengedepankan keharmonisan bersama dengan tetap mengacu pada protokol kesehatan.

Sementara itu Sekda Langkat dr H Indra Salahuddin MKes MM mengucapkan terima kasih atas sambutan dari Pemkab Aceh Tamiang serta berbagai pelayanan yang telah diberikan kepada warga Langkat.

“Tentunya kami sangat berterima kasih atas pelayanan di bidang kesehatan yang diberikan kepada warga Langkat. Terlebih lagi dalam penanganan penyakit menular yang dalam aturannya tidak ada pembatasan sama sekali selagi masih dalam wilayah NKRI,” ujarnya.

Sehingga apabila ada kendala-kendala yang terjadi alangkah baiknya dapat dicari solusi bersama. Sehingga hubungan baik ini tetap terjaga.

Terkait pemulasaran jenazah antar kabupaten. Diketahui beberapa waktu lalu adanya kasus pasien Covid-19 asal Langkat yang meninggal dunia di RSUD Aceh Tamiang.

Koordinasi antar Kabupaten

Dalam penanganan terhadap jenazah tersebut. Pemkab Langkat mengakui dan menilai Aceh Tamiang sudah cukup baik memberikan pelayanannya kepada warga Langkat.

“Kendati demikian, besar harapan bersama, agar koordinasi antar Kabupaten ini dapat lebih ditingkatkan terkait prosedur penyerahan jenazahnya,” jelas Sekda.

Selanjutnya, untuk memudahkan koordinasi dalam penanganan pasien atau jenazah pasien Covid-19 antar kabupaten yang dirawat lintas kabupaten. Maka untuk Kabupaten Langkat dapat menghubungi langsung Kepala Dinas Kesehatan Langkat.

“Kabupaten Aceh Tamiang dapat menghubungi langsung Kepala Bagian Humas setdakab Aceh Tamiang selaku Jubir Covid-19 Aceh Tamiang,” ujar Sekda Langkat.[Antoedy]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *