Ingin Berkuasa seperti Suami, Inilah Para Istri Bupati yang Ikut Pilkada 2020

KEKUASAAN itu adalah candu. Orang akan terus berhasrat untuk bisa mempertahankannya. Itulah yang terjadi dalam pentas demokrasi di negeri ini. Para istri-istri bupati yang jabatannya akan berakhir 2020 dan 2021, ikut bertarung dalam Pilkada 2020.

Dari hasil penelusurun ada sejumlah istri bupati yang ingin melanjutkan kekuasaan yang selama ini digenggam para suami. Berikut daftar sejumlah nama yang berhasil di himpun.

  • Kristiana Muki, Kabupaten Timur Tengah Utara (TTU), NTT

Kristiana Muki maju sebagai bakal calon Bupati Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT). Kristiana adalah istri Bupati TTU dua periode, Raymundus Sau Fernandes.

Anggota di DPR RI dari Fraksi Nasdem ini menggandeng Yosef Tanu sebagai bakal calon wakil bupati. Yosef merupakan aparatur sipil negara (ASN) yang menjabat sebagai Kepala Bagian (Kabag) Umum Setda Timor Tengah Utara.

  • Eri Aryani, Kabupaten Dompu, NTB

Eri Aryani-Ichtiar adalah Bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB). Eri Aryani adalah istri dari Bupati Dompu, Bambang M Yasin yang akan berakhir masa jabatannya pada Februari 2021.

  • Umi Kalsum, Kabupaten Blora, Jawa Tengah

Istri Bupati Blora, Djoko Nugroho, Umi Kulsum maju menjadi calon bupati setempat bersama pasangannya Agus Sugiyanto.

Bakal Calon ini sudah mendaftar ke KPU dan berkas persyaratan pencalonan Umi Kulsum-Agus Sugiyanto dinyatakan lengkap. Keduanya dinyatakan memenuhi syarat oleh KPU Blora.

Umi yang berpasangan dengan pengusaha itu diusung tiga partai, yakni Partai Nasdem, Gerindra dan PPP.

Umi Kulsum bakal melawan wakil bupati petahana Blora Arif Rohman untuk memperebutkan kursi Bupati Blora 2020-2025. Arif maju Pilkada Blora 2020 dengan menggandeng anggota DPRD Blora Tri Yuli Setyowati.

  • Bintang Narsasi, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah

Istri Bupati Semarang Mundjirin, yakni Bintang Narsasi maju bersama pasangannya Gunawan Wibisono. Pasangan ini sudah mendaftar di KPU untuk ikut Pilkada Kabupaten Semarang 2020.

Bintang Narsasi maju Pilbup Semarang 2020 berpasangan dengan Gunawan Wibisono yang sebelumnya menjabat sebagai Sekda Kabupaten Semarang. Pasangan Bintang dan Soni ini diusung enam parpol yakni PPP, Nasdem, Golkar, Gerindra, PAN, dan PKS.

  • Etik Suryani, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah

Etik Suryani adalah istri Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya. Etik maju Pilkada Sukoharjo berpasangan dengan Agus Santosa yang sebelumnya menjabat sebagai Sekda Sukoharjo.

Etik-Agus diusung parpol PDIP, Golkar, Nasdem, dan Demokrat. Meskipun sempat menimbulkan protes dari DPD Nasdem Sukoharjo atas rekomendasi ke Etik Suryani dan Agus Santosa ini. Namun pasangan ini tetap ikut mendaftar Pilkada.

Pasangan ini sempat menuai protes dari pengurus DPD Nasdem Sukoharjo. Pasalnya, DPD Nasdem Sukoharjo sudah memberikan dukungan untuk pasangan Joko Santosa-Wiwaha Aji Santosa (Joswi).

  • Kustini Sri Purnomo, Kabupaten Sleman, DIY

Kustini Sri Purnomo adalah istri Bupati Sleman, Sri Purnomo. Ia maju bersama pasangannya Danang Maharsa. Kustini menargetkan bisa meraup suara lebih dari 50 persen.

Kustini Sri Purnomo-Danang maju Pilkada Sleman 2020 dengan diusung tiga partai, yakn PDIP, PAN, dan Partai Demokrat.

Siapakan para First Ladies ini nantinya bisa menggantikan para suami. Mari kita tunggu pestanya. Saat ini, mereka masih tahap pendaftaran di KPU masing-masing daerah secara serentak pada 4-6 September 2020.[dbs | andinova]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *