KUMAT Ikut Mendukung Pemekaran ALA

halaman7.com – Kutacane: Terkait isu pemekeran provinsi, sejumlah organisasi mahasiswa yang tergabung dalam Kumpulan Mahasiswa Aceh Tenggara (KUMAT) bersuara mengenai pemekaran Provinsi Alas Leuser Antara.

Adapun tiga lembaga yang tergabung dalam aliansi tersebut. Yakni Dewan Pimpinan Cabang Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (DPC GMNI) Aceh Tenggara. Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Aceh Tenggara dan Pengurus Cabang Satuan Siswa, Pelajar, dan Mahasiswa Pemuda Pancasila (PC SAPMA PP) Aceh Tenggara.

Selaku akademisi yang ada di Kabupaten Aceh Tenggara. Mereka mendukung pemekaran Provinsi ALA tersebut, karena melihat dari berbagai aspek. Seperti peningkatan perkembangan kualitas ekonomi lokal, meningkatakan kemakmuran rakyat, kualitas pelayanan masyarakat dan tingkat kemandirian daerah serta keutuhan negara.

Ketua PC SAPMA PP Agara, Dwiky Adifta Putra S menyebutkan manfaat pemekaran daerah adalah perbaikan dan pembangunan infrastruktur daerah yang bersifat intensif.

“Dengan adanya pembangunan infrastruktur yang lebih layak. Tentu pelayanan kesehatan dan publik akan lebih terasa manfaatnya terhadap masyarakat,” ungkap Dwiky via pesan singkat WhatsApp saat dikonfirmasi, Kamis 24 September 2020.

Menurut Muhammad Syafi’I Ketua PC PMII Agara, terwujudnya Provinsi ALA, merupakan sebuah prestasi yang sangat luar biasa. Pasalnya, roda ekonomi suatu daerah dan kurang lancarnya mobilitas modal antar daerah merupakan faktor utama terjadinya kesenjangan peningkatan ekonomi daerah.

“Pemekaran baru tentu akan menciptakan lapangan pekerjaan bagi tenaga pendidik. Seperti yang kita ketahui, tersedianya tenaga pendidik yang berkualitas akan menjadi kunci utama keberhasilan dalam dunia Pendidikan,” sambung Syafii.

INFO Terkait:

Sementara itu, Ketua DPC GMNI Aceh Tenggara, Andri Wulandi mengatakan, tetap ada pro dan kontra terhadap pemekeran Provinsi ALA ini. Namun meskipun begitu karena berada di zona yang benar-benar terisolasi kerap kali luput perhatian pusat.

“Tentunya kita juga ingin mekar sebagai provinsi. Karena mengingat salah satu manfaat dari pemekaran ialah peningkatan kemandirian suatu daerah,” ujarnya.

Ketiga lembaga ini, berkeyakinan pemekaran Provinsi ALA ini dapat mensejahterakan masyarakat yang selama ini termarjinalkan.[AKA | red 01]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *