Seniman Teater Aceh Apit Wehen telah Tiada

halaman7.com Lamno: Seorang seniman teater di Aceh Erwinsyah atau lebih dikenal dengan nama teaternya Apit Wehen telah tiada. Almarhum meninggal dunia di Lamno, Aceh Jaya, Selasa, 29 September 2020, malam.

Almarhum meninggal akibat sakit yang sudah lama di deritanya. Informasi meninggalnya Apit Wehen diketahui dari postingan Nunung dalam story Whatapps yang di repost Nurmaily atau Mamay ke grup SMK.

Dalam story WA itu, Nunung menulis Almarhum meninggal di Pante Ketapang, Lamno sekitar pukul 22.00 wib.

Postingan Mamay ke grup WA SMK itu membuat para sahabat berduka. Ucapan Innalilahi wainnailahi rajiun terus mengalir. Diantaranya dari Dody, Hera, Indah, Enon, Ana, Dini, Said, Najib, Ujang, Husein dan yang lainnya.

Reuni bersama almarhum (tiga dari kanan) di Banda Aceh, 30 Desember 2018,

Foto kenangan lamapun banyak diposting ke grup tersebut. Mulai saat sama-sama aktif di Mitra Kencana dulu hingga foto kebersamaan atau reuni sekitar dua tahun lalu.

“Tadi Kak May, telpon ke HP Bang Wen. Begitu diangkat terdengar suara orang lagi mengaji,” cerita Mamay via telpon.

almarhum paling kanan belakang. Jelang pementasan Drama Komedi Wek-Wek

Apit Wehen selama hidupnya, aktif dalam dua teater dan sastra di Banda Aceh. Almarhum kerap tampil dalam berbagai lakon bersama Sanggar Mitra Kencana asuhan almarhum Pungi Arianto Toweran.

Apit Wehen juga pernah tampil sebagai juara 1 Lomba baca puisi Hadi Maja. Jiwa seninya terus mengalir, meski jelang meninggalnya sudah tak aktif lagi berteater. Sebab, konon selama tinggal di Lamno, ia kerab menjadi pelatih teater dan baca puisi di berbagai sekolah disana.

Nama Apit Wehen, meroket dalam perannya bersama Mitra Kencana dalam pagelaran drama komedi “Obrolan Pak Keuchik” yang di tayangkan di TVRI Banda Aceh tahun 1990-an. Tampilannya yang kocak dan periang, selalu mampu menghibur penonton kala itu.

“Selama Jalan sahabat karib,” tulis Said seakan mewakil para anggota SMK dan seniman Aceh secara umum.[andinova | red 01]

Satu tanggapan untuk “Seniman Teater Aceh Apit Wehen telah Tiada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *