Ayo, ke Museum Kota Langsa

Catatan Eddyanto

BAGI warga pendatang yang sedang berlibur dan menikmati indahnya Kota Langsa Aceh. Jangan lupa meluangkan waktu sejenak ke Museum Kota Langsa. Dulu dikenal sebagai Gedung Balee Juang.

Ya, museum ini tepat berada dijantung kota ini. Persisnya di Jalan A Yani atau Persimpangan traffic light di depan Kantor Pos Langsa.

Dengan mampir dan singgah di museum ini. Setidaknya banyak ilmu dan pengetahuan serta informasi yang anda dapatkan tentang sejarah kota ini.

Namun, harus harus di ingat. Museum Kota Langsa ini buka setiap hari Selasa – Minggu (Senin Libur) dengan jam berkunjung pukul 09.00-12.00 Wib serta 14.00-16.45 Wib.

Saat ini, Museum Kota Langsa juga sedang memasuki tahap renovasi dan perbaikan lanjutan.

Di Museum Langsa ini, banyak program yang ditawarkan. Bisa menjadi referensi bagi pihak pihal berkepentingan .

Program program itu antara lain:

  • Penelitian dan Kajian Sejarah
  • Museum Masuk Sekolah
  • Belajar bersama di museum
  • Even even kebudayaan (Folklor dan cerdas cermat sejarah)
  • Bekerjasama Sejarawan dan Budayawan

Sejarah Museum Langsa

Kota Langsa merupakan kota yang majemuk atau multikultur. Kota yang memiliki banyak suku bangsa dan budaya.

Langsa selain kaya akan budaya, kota ini merupakan kota yang kaya akan jejak sejarahnya.

Kota Langsa merupakan kota perdagangan pada masa kedudukan Belanda di Indonesia. Hal tersebut dapat kita lihat dari banyaknya peninggalan sejarah di kota ini. Salah satunya adalah Gedung Balee Juang.

Gedung Balee Juang adalah gedung yang dibangun Belanda. Namun pada akhir kedudukan Belanda di Kota Langsa gedung ini direbut para pejuang kemerdekaan dari masyarakat Langsa. Kemudian gedung ini dijadikan markas perjuangan untuk melawan Belanda dan penjajahan Jepang. Maka dinamakanlah gedung ini sebagai Balai Juang.

INFO Terkait:

Cagar Budaya Kota Langsa

Benda-benda bersejarah koleksi museum Langsa. FOTO h7 – antoedy –

Berdasarkan Undang Undang Nomor 11 tahun 2010 tentang Permuseuman dan pelestarian cagar budaya. Walikota Langsa konsisten untuk mengaplikasikannya dengan mendirikan Museum Daerah yang diberi nama Museum Kota Langsa.

Juga menetapkan Gedung Balee Juang sebagai Museum Kota Langsa melalui Surat Keputusan Pendirian Museum Nomor  493/430/2017. Menetapkan Gedung Balee Juang sebagai salah satu cagar budaya di Kota Langsa. Maka mulai melakukan pembelian barang koleksi dengan menggunakan dana APBD pada 2014.

Visi & Misi Museum Langsa

  • Mewujudkan museum sebagai pelestari nilai sejarah dan budaya sesuai dengan peradaban yang islami
  • Menjadikan fungsi museum sebagai sarana pelestari benda, struktur bangunan, situs dan kawasan cagar budaya
  • Memfungsikan museum sebagai sarana penelitian, pendidikan, pengembangan nilai-nilai positif yang terkandung dalam cagar budaya.
  • Mengoptimalkan fungsi museum sebagai salah satu sarana pengembangan sumber daya kearifan lokal. Seperti pariwisata, kreatifitas seni, pengajaran dan sebagainya melalui kegiatan kegiatan interaktif, edukatif yang berkesinambungan.

Bagaimana, anda tertarik berkunjung ke museum ini. Ayo jangan lupa singgah jika anda melintas atau berlibur ke Kota Langsa.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *