Kapolsek Wanita ini Modifikasi Motor Bhanbinkamtibmas Jadi RS Mini Keliling

halaman7.com – Lhokseumawe: Berbagai upaya dan inovasi terus diciptakan oleh Kapolsek wanita pertama di Lhokseumawe ini. Pengembangan ide dan inovasi ini, tentu guna memberikan pelayanan prima bagi masyarakat.

Kapolsek wanita itu, tentu saja Iptu Lilisma Suryani SH. Kapolsek Syamtalira Bayu ini, memodifikasi motor Babhinkamtibmas menjadi motor Protokol Kesehatan (Prokes) guna pencegahan Covid-19.

Motor Prokes pencegahan Covid-19 itu bahkan layaknya Rumah Sakit mini keliling. Sebab, bukan saja untuk memberikan pelayanan bagi warga dalam pencegahan penyebarabn Covid-19. Namun juga bisa berfungsi menjadi RS mini bagi korban kecelakaan lalulintas.

“Ini sengaja kita modifikasi dengan multifungsi. Biar cepat dan sigap dalam melayani masyarakat yang membutuhkan,” ujar Iptu Lilisma Suryani, Jumat 23 Oktober 2020.

Bagi Lilis, begitu Polwan berparas manis ini disapa, Motor Prokes adalah salah satu sarana yang digunakan untuk melakukan patroli. Sekaligus memberikan sosialisasi dan imbauan tentang pentingnya mematuhi Prokres.

Imbauan mematuhi Prokses tersebut dilakukan dengan cara selalu menggunakan masker bila beraktivitas ke luar rumah, menjaga jarak dan senantisa mencuci tangan dengan air yang mengalir.

Dikatakan, di dalam bok (kotak) motor Prokes ada beberapa perlengkapan. Seperti sarung tangan, masker, hand sanitizer, sabun kesehatan, tisu basah dan kering.

Iptu Lilis bersama motor Prokes yang dimodifikasinya. FOTO h7 – istimewa –

P3K

Bukan itu saja, dalam bok tersebut juga ada perglengkapan Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K). Seperti kain kasa, betadin, perban. Tujuannya apabila pada saat melaksanakan kegiatan patroli ada kejadian kecelakaan lalu lintas (Lakalantas). Petugas bisa dengan segera memberikan pertolongan pertama, sebelum dirujuk ke RS.

Jadi menurut mantan Kanit PPA Polres Lhokseumawe ini, apabila korban tidak pakai masker maka pertugas akan memberikan masker. Tentu saja, saat petugas menolong tetap menerapan Prokes. Itu dilakukan dengan menggunakan sarung tangan dan sesudah selesai mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer.

Sebagai langkah awal. Motor Prokes ini sudah digunakan saat kegiatan patroli yang dilakukan di Desa Langa dan Keude Bayu, pada Rabu 21 Oktober 2020.

Kegiatan tersebut dilaksanakan Kapolsek Lilisma Suryani beserta Camat, Fatma Maulana dan Danramil, Kapten (Inf) Gunawan Siregar serta para Babhinkamtibmas dan Babinsa.[andinova | red 01]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *