Banjir Besar Landa Langsa, Puluhan Personel TNI Berjibaku Selamatkan Korban

halaman7.com Langsa: Satu unit perahu karet dan puluhan personel TNI dari Kodim Aceh Timur dikerahkan untuk menyelamatkan korban banjir yang terjadi di Kota Langsa.

Dengan sigap personel TNI terjun langsung dalam genangan banjir yang merendam warga. Mereka berjibaku menyelamatkan warga yang hanyut dan tenggelam akibat banjir besar yang merendam Langsa.

Itulah gambaran simulasi yang dilakukan Kodim 0104 Aceh Timur. Dalam Latihan Penanggulangan Bencana Alam khususnya banjir di  Gampong Meurandeh, Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa, Kamis 5 November 2020.

Mekanisme latihan taktis penanggulangan bencana alam diskenariokan menyerupai kondisi yang dialami saat tanggap darurat.

Dandim 0104 Aceh Timur Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar SSos M Tr (Han) selaku Komandan Latihan (Danlat) mengatakan, latihan seperti itu merupakan program dari komando atas yang harus dilatihkan kepada para personel Kodim Aceh Timur.

“Tujuannya untuk memelihara kesiapan personel maupun satuan dalam mengantisipasi dan meminimalisir adanya korban akibat bencana seperti banjir ini,” ujar Dandim.

Latihan penanggulangan bencana mempelajari latihan taktis penanggulangan banjir ini dilaksanakan selama empat  hari yang dimulai dari sejak 2-5 Nopember 2020. Selain teori, juga drill teknis dipraktekan di lapangan.

Kegiatan latihan ini juga dilihat langsung Tim Wasev dari Kodam IM yang dipimpin Pabanda Lator Ops Kodam IM Mayor Kav Edison. Hadir juga, Wadanlat Kapten Arh Nana Sutiana dan Pasi Pam Lat Letda Inf Ibrahim.[Antoedy]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *