Sembilan Pegawai BNNK Langsa yang Reaktif Covid-19 Tidak Lakukan Isolasi Mandiri

halaman7.com Langsa: Sembilan pegawai Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Langsa, yang dilakukan rapid test dinyatakan reaktif, namun tidak melakukan isolasi mandiri.

Selain itu, kesembilan yang reaktif tidak dilaporkan hasilnya kepada satuan tugas (Satgas) percepatan penanganan Covid-19 Kota Langsa.

Informasi yang diperoleh Sabtu 5 Desember 2020 menyebutkan, hasil rapid test yang dilakukan Klinik Pratama BNNK Langsa, pada Selasa 24 Nopember 2020 menyatakan ada sembilan pegawai reaktif. Delapan diantaranya sebagai aparatur sipil negara (ASN)  dan satu sebagai tenaga kontrak karya  (TKK).

Ironisnya, usai dilakukan rapid test kesembilan orang tersebut tidak melakukan isolasi mandiri. Namun, masih melakukan tugas seperti biasa. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan pegawai yang dinyatakan reaktif itu bisa dilihat postingan foto beserta tanggalnya di media sosial instagram milik BNNK dengan nama akun @Infobnn_kota_langsa.

Penanggungjawab Klinik Pratama BNNK Langsa, dr Muhar Reza, kepada wartawan, Sabtu 5 Desember 2020, membenarkan, berdasarkan hasil rapid test kesembilan staf tersebut dinyatakan reaktif.

“Hasil ini itu telah kita sampaikan kepada Kepala BNNK Langsa. Juga telah disarankan agar kesembilan itu untuk dilakukan isolasi mandiri,” ujar dr Muhar.

Selain itu, juga disarankan agar Kantor BNNK setempat, dilakukan sterilisasi dengan penyemprotan disinfektan. Namun, apakah kesembilan pegawai dimaksud melakukan isolasi mandiri dan dilakukan penyemprotan disinfektan, itu kewenangan dari Kepala BNNK Langsa.

“Saya hanya sebagai dokter yang melakukan pemeriksaan dan apakah mereka ada melakukan isolasi mandiri, itu kewenangan Kepala BNNK Langsa,”ujarnya.

Kepala BNNK Langsa, AKBP Basri SH MH, kepada wartawan juga mengakui ada sembilan stafnya yang reaktif Covid-19.

“Pada Selasa (24/11/2020) saya perintahkan untuk dilakukan rapid test. Ada sembilan orang yang menurut alat itu reaktif. Atas saran dokter disuruh isolasi mandiri karena tanpa gejala dan sudah saya perintahkan untuk isolasi mandiri,” ujarnya.

Non Reaktif

Dikatakan, dua hari kemudian dari sembilan orang itu ada yang kembali memeriksa ke laboratorium. Karena tidak percaya dengan hasil awal. Setelah diperiksa dilaboraturium hasilnya non reaktif.

Sekretaris Dinas kes Langsa, Erizal, saat dihubungi wartawan, mengatakan, sampai saat ini belum ada laporan kesembilan pegawai BNNK Langsa reaktif Covid-19. Namun, secara aturan bagi masyarakat yang dinyatakan reaktif maka harus melakukan isolasi mandiri.[habib | red 01]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *