Misteri Alat Peraga Air Laut

halaman7.com – Banten: Alat peraga energi air mungkin sudah banyak diciptakan para ilmuan modern. Lazimnya hanya fokus tentang gerakan air yang diubah ke dalam bentuk energi lain dari pemanfaatan jumlah massa ketinggian hingga pergerakan (run of the water) dan kecepatan air.

Namun, menurut Tarmizi Age, yang ikut menjadi tim dalam memajukan penemuan produk Listrik Air Garam, Minggu 24 Januari 2021, di Banten, sampai saat ini, merupakan hal yang langka terhadap alat peraga reka baru dari para ilmuan.

“Khusus berkonten potensial atau peranan air itu sendiri. Dalam reaksi kimia reduksi oksidasi sebagai penghasil energi listrik,” sebut Tarmizi Age, lulusan AMU Aaborg, Denmark.

Karena itu alat peraga energi listrik air garam menjadi sangat penting. Pendapat yang cukup sederhana ini disampaikan guru SMKN 2 Kutacane, Aceh dan guru SMKN 2 Kota Bekasi, Jawa Barat. Menjadi cikal bakal pembuatan alat peraga Energi Listrik Air Garam, yang sudah mulai dipasarkan medio Januari 2021.

Lebih lanjut guru tersebut memaparkan, air laut atau air garam itu kandungan senyawa kimiawinya sangat banyak. Ada magnesium, natrium, kalsium, belerang, khlor, kalium dan lain-lain.

“Diketuhi pula, dalam larutan garam ada ion. Ketika dimasukkan anoda atau ion positif dan katoda atau ion negatif akan menghasilkan tegangan listrik,” ujar Tarmizi Age.

Putra Aceh yang pernah menetap lama di Eropa  itu mengatakan, sekarang sudah ada teknologi baru yang menjadikan air garam atau air laut sebagai sumber energi listriknya. Yaitu Lampu Air Garam yang diproduksi PT Hafi Energi Indonesia sejak 2016. Didesain dan dirancang dengan prinsip dan konsep listrik non-mekanikal berspirit edukasi yang scientific approarch.

INFO Terkait:

Teknologi Air Garam

Setelah dipelajari dan dicermati secara seksama dari Lampu Air Garam tersebut. Maka tercetuslah ide untuk pertama kalinya dari guru SMKN 2 Kutacane, Aceh, bahwa teknologi air garam atau air laut bukan hanya digunakan sebagai sarana penerangan sementara (temporary lighting).

Akan tetapi Lampu Air Garam lebih jauh dapat digunakan sebagai alat peraga atau sumber belajar di SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK tentang energi listrik alternatif atau energi baru terbarukan, dan bagi kami guru IPA terlebih guru Fisika sangat membutuhkan alat peraga itu, ujarnya, sebagaimana di sampaikan Tarmizi Age,

Ketika ditanya tentang sisi lain dari air laut, guru SMKN 5 Kota Bekasi, dengan gaya bahasa seorang pendidik langsung menjawa, bahwa air laut itu penuh misteri.

“Air laut itu melimpah, air laut itu mengandung daya energy. Air laut itu penuh pesan pembelajaran. Air laut itu banyak pesan tersembunyi, air laut itu bertenaga dahsyat,” katanya.

“Yang paling penting adalah bukti menunjukkan melalui sains dan teknologi. Air laut atau air garam telah dikembangkan menjadi energi listrik,” tegas guru tersebut.

Guru tersebut berharap, setelah memodidikasi fungsi Lampu Air Garam menjadi alat peraga Energi Listrik Air Garam. Mudah-mudahan bisa digunakan di setiap sekolah di seluruh Indonesia, bahkan dunia.[ril | red 01]

Facebook Comments
(Visited 59 times, 1 visits today)
205 views

Satu tanggapan untuk “Misteri Alat Peraga Air Laut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *