Aceh  

Juni, Walikota se Indonesia Kumpul di Banda Aceh

halaman7.com – Banda Aceh: Para walikota yang tergabung dalam Dewan Pengurus dan para Ketua Komisariat Wilayah Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) akan menggelar pertemuan pada Juni mendatang di Kota Banda Aceh.

Demikian disampaikan Walikota Banda Aceh Aminullah Usman usai mengikuti rapat bersama 13 walikota pengurus Apeksi periode 2021-2024 di Kota Bogor, Sabtu 6 Maret 2021.

Menurut Aminullah, rapat perdana yang dipimpin Ketua Apeksi yang juga Walikota Bogor, Bima Arya. Membahas berbagai hal, termasuk menyikapi isu-isu terkini.

“Rapat kedua nanti kita sepakat menggelarnya Juni di Banda Aceh. Karena banyak walikota yang ingin datang ke Aceh,” ujarnya seraya menyatakan kesiapannya sebagai tuan rumah.

Masih menurut Aminullah, rapat di Bogor juga melahirkan beberapa rekomendasi. Salah satunya akan beraudiensi dengan presiden dan kementerian terkait untuk dukungan percepatan pembangunan.

“Juga membahas kepastian soal Pilkada serentak,” kata Aminullah didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdako Banda Aceh Faisal.

Selain itu, Apeksi bersepakat mendorong percepatan pembangunan kota dengan kemitraan bersama universitas, sektor swasta, dan antar daerah.

“Kita akan fokus pada pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan teknologi untuk meningkatkan denyut ekonomi kota,” kata Aminullah selaku Wakil Ketua Bidang Pembangunan Apeksi pusat.

Para walikota yang hadir antara lain Marten Taha (Walikota Gorontalo), Hendrar Prihadi (Walikota Semarang), Abdullah Abu bakar (Walikota Kediri), Maulan Aklil (Walikota Pangkalpinang), dan Dewanti Rumpoko (Walikota Batu). Ada juga yang mengikuti secara daring, yakni Firdaus (Walikota Pekanbaru) dan Dedy Yon Supriyono (Walikota Tegal).

Apeksi merupakan asosiasi beranggotakan 98 pemerintah kota se-Indonesia. Bertujuan membantu anggotanya dalam melaksanakan otonomi daerah. Menciptakan iklim yang kondusif bagi pembentukan kerjasama antar pemerintah daerah.[ril | red 01]

Baca Juga  Empat Walikota di Indonesia Berbagi Cerita dalam Secangkir Kopi Aceh
Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.