Kampung Tersipu Disdukcapil Aceh Tamiang Diharap Jadi Contoh Daerah Lain

halaman7.com – Aceh Tamiang: Kepala Dinas Registrasi Kependudukan Aceh, Drs Teuku Syarbaini MSi mengatakan “Kampung Tersipu” merupakan inovasi baru dan program unggulan khususnya Disdukcapil Aceh Tamiang. Untuk membantu masyarakat melengkapi seluruh dokumen kependudukan seperti KTP El. Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Akta Kematian dan Dokumen Adminduk lainnya.

Ini merupakan program yang perlu diapresiasi dan mudah-mudahan bisa terus berlanjut di semua kampung yang ada di Aceh Tamiang. Bisa menjadi percontohan di kabupaten/kota lainnya di tanah rencong.

Hal tersebut diungkapkan Syarbaini saat mengikuti Road Show Layanan Kampung Tersipu (Tertib Tuntas Administrasi Kependudukan) dan Program Dukcapil Sapa Warga #9 melalui Aplikasi Zoom, Sabtu, 6 Maret 2021 di Kantor Datok  Penghulu (Kepala Desa-red) Suka Ramai II, Kecamatan Seruway Aceh Tamiang.

Tampil Beda

Sebelumnya, Kadisdukcapil Aceh Tamiang, Drs Sepriyanto beserta tim melaksanakan layanan tersebut sebagai lanjutan dari program yang telah dilaksanakan dengan lancar dan sukses di beberapa wilayah sebelumnya.

Namun, kali ini, program yang dijalankan sedikit berbeda. Karena selain diadakan program penyelesaian adminduk juga dilakukan zoom meeting dengan hadirnya langsung Kepala Dinas Registrasi Kependudukan Aceh.

Sementara itu, Kasi Inovasi Disdukcapil Aceh Tamiang, Rizal Syahputra mengatakan program Kampung Tersipu ini merupakan inovasi. Diadakan Disdukcapil Aceh Tamiang dalam rangka mempercepat proses pencatatan dan kepemilikan dokumen Adminduk bagi seluruh masyarakat Aceh Tamiang.

Serahkan Adminduk

Dalam Road Show ini juga dilakukan  penyerahan secara simbolis beberapa dokumen Adminduk yang telah selesai dicetak. Seperti penyerahan Akta Kelahiran atas nama Tiar Anintia yang  diserahkan langsung Kadis DRKA Aceh Teuku Syarbaini.

Akta Kematian atas nama M Kasim yang diterima oleh ahli waris diserahkan langsung Kadisdukcapil Aceh Tamiang, Sepriyanto.

Kemudian Kartu Keluarga atas nama Herman yang diserahkan Camat Seruway, M Hans Martakesuma. Dilanjutkan penyerahan KIA atas nama Keysha Syafina Humaira oleh Babinsa Suka Ramai II dan terkahir  penyerahan KTP El atas nama Friya Mustika oleh Sekretaris DRKA Aceh.

Hingga sore kemarin, Dokumen Adminduk yang berhasil di selesaikan adalah akta kelahiran sebanyak 709 lembar. Akta kematian 21 lembar, Kartu Keluarga 58 lembar, KTP El 80 keping, dan KIA 73 keping.[Antoedy]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *