Rakornas Karhutla: Polisi Diminta Tidak Pelaku Pembakaran Hutan Tanpa Kompromi

halaman7.com Banda Aceh: Rapat Koordinas nasional (Rakornas) pengendali Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) meminta jajaran kepolisian untuk melakukan penindakan tegas bagi semua pembakaran hutan tanpa kompromi.

“Dalam Rakornas itu juga ditegaskan, agar jajaran Kepolisian melakukan penegakan hukum terhadap pelaku pembakaran hutan, tanpa kompromi,” ujar Kabid Humas Polda Aceh Kombes Winardy mengutip hasil Rakornas Karhutla, Senin 15 Maret 2021.

Pada Rakornas Karhutla itu, diikuti secara langsung Kapolda Aceh Irjen Pol Wahyu Widada, Wakapolda Brigjen Raden Purwadi melalui vicon.

Hadir juga pejabat Kodam IM, pejabat Pemda Aceh dan sejumlah pejabat instansi terkait lainnya.

Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy, dalam siaran persnya menyebutkan, Kapolda mengikuti Rakornas secara virtual itu di Aula Vicon, Mapolda Aceh. Terhubung langsung dengan Ruang Pusdalsis Lantai 5 Gedung Utama, Mabes Polri.

“Di Mabes Polri, Rakornas pengendalian Karhutla dipimpin Asops Kapolri,” ujar Kabid Humas.

Dalam Rakornas pengendalian Karhutla itu ada beberapa hal yang dibahas. Diantaranya terkait pencegahan Karhutla agar diprioritaskan. Kemudian pentingnya infrastruktur pemantauan dan pengawasan hingga ke tingkat bawah.

Selanjutnya perlu dicari solusi yang permanen, agar penataan ekosistem gambut dalam kawasan hidrologi gambut terus dilanjutkan.

“Kemudian pejabat daerah agar tanggap dalam mengendalikan titik api mencegah pembakaran hutan,” ucap Kabid Humas.[ril | red 01]

Satu tanggapan untuk “Rakornas Karhutla: Polisi Diminta Tidak Pelaku Pembakaran Hutan Tanpa Kompromi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *