Tidak Mau Repot ber-KB, Ya.. Pasang Implant Saja

halaman7.com Bandar, Bener Meriah: Judul di atas menggambarkan pilihan warga Kecamatan Bandar dalam menentukan pilihan kaum wanita dalam ber KB. Warga Bandar memilih implant, karena tak mau direpotkan soal ber-KB ini.

Hal ini sebagaimana dilontarkan seorang peserta KB, Fauziah.

“Saya memilih pasang Implant karena tidak repot. Kalau suntik setiap bulan harus disuntik. Apalagi Pil harus diminum setiap hari, jadi merepotkan sekali,” ujarnya.

Alasan Fauziah itu tentu menjadi dominan di Bandar. Pasalnya, dari 20 orang peserta KB yang ditargetkan puskesmas Bandar, 13 peserta KB memilih Implant, satu peserta memilih IUD, satu peserta gagal mendapat pelayanan Implant karena ada kontra indikasi, dan 3 peserta tidak hadir.

Dalam menerapkan program Keluarga (KB) ini, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3AKB) Kabupaten Bener Meriah, memfasilitasi pergerakan pelayanan IUD (Intra Uterine Device) dan implant, di Puskesmas Bandar Sabtu, 3 April 2021.

Kepala Bidang KB dan Ketahanan, Kesejahteraan Keluarga, Yulita Anggraini SKM MKes, menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan setiap bulan diseluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Bener Meriah.

“Target dari setiap kali pelayanan adalah 20 orang peserta KB baru yang memilih metode KB Panjang  (MKJP) yaitu IUD implant,” kata Yulita Anggraini.

Sementara itu, Kepala Ruangan KB, Mardawani AMd Keb, menyebutkan tujuan dari pemasangan IUD dan implant untuk meningkatkan cakupan peserta KB MKJP. Menjarangkan kelahiran serta menurunkan angka 4T (terlalu muda, terlalu tua, terlalu dekat dan terlalu banyak).[Tutiyarni | red 01]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *