Kodim Aceh Barat Gelar Perjusami bagi Pelajar

halaman7.com – Aceh Barat: Kodim Aceh Barat menggelar Perkemahan Jumat, Sabtu dan Minggu (Perjusami) Pramuka Saka Wira Kartika (SWK). Kegiatan ini dilakukan di Lapangan Bola Kaki Desa Alue Tampak, Kecamatan Kaway XVl.

Perjusami ini guna membentuk dan membina generasi muda. Agar menjadi pemimpin masa depan yang memiliki kepribadian disiplin, ulet, smart, inovatif, kompetitif, penuh semangat dan pantang menyerah serta berwawasan global.

Kegiatan itu dibuka  Kakan Kemenag Aceh Barat, Khairul Azhar SAg yang mewakili Dandim Aceh Barat, Letkol lnf Dimar Bahtera, Jumat 18 Juni 2021, sore.

Dalam amanat Dandim yang dibacakan Kakan Kemenag mengatakan, gerakan Pramuka pada hakekatnya merupakan salah satu jenis Pendidikan Ekstrakurikuler (non formal). Menjadi wadah bagi pengembangan potensi diri.

Generasi muda sebagai agen perubahan. Diharapkan mampu memberikan pembelajaran kepada masyarakat. Untuk memahami lingkungan sekitar dan memiliki wawasan pengetahuan yang lebih luas.

Sebab dalam tatanan dunia global saat ini. Bangsa dan negara membutuhkan kaum pemuda-pemudi yang memiliki rasa cinta tanai air, kepribadian yang tangguh, setia kawan, jujur, tanggung jawab serta religius.

Pasi Ter Kodim, Lettu lnf Khairul Zein, sebagai penanggung jawab dalam kegiatan Perjusami, mengatakan kegiatan ini untuk membina para generasi muda. Agar memiliki karakter wawasan kebangsaan yang setia berbakti. Menjunjung tinggi nilai luhur keutuhan sebagai embrio perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

Untuk itu, selama tiga hari kedepan. Para peserta ditempa dengan materi pembekalan. Baik teori maupun praktek dasar. Diantaranya Krida Navigasi Darat (pengetahuan peta dan medan, kompas siang dan malam). Krida Pioneer atau tali temali. Krida Mountaineering (panjat atau turun tebing). Krida Survival untuk dapat bertahan hidup. Dengan mengenali berbagai jenis tumbuhan atau binatang yang bisa dikonsumsi. Terakhir, Krida Penanggulangan Bencana Alam.

Di lokasi berbeda Dandim, Letkol lnf Dimar Bahtera, berharap melalui Perjusami Saka Wira Kartika ini bisa mewujudkan Ketahanan Nasional yang memiliki mental baja. Sehingga selalu siap menghadapi segala bentuk Ancaman, Gangguan, Hambatan dan Tantangan (AGHT) di masa depan.

Kegiatan Perjusami ini diikuti 60 peserta. Dari berbagai sekolah di Aceh Barat. Diantaranya dari MAN 1 Meulaboh. SMAN 1 Woyla, SMAN 1 Kaway XVl. MTsN Meureubo, SMPN 2 Bubon dan SMAN 1 Samatiga.[ril | red 01]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *