Ratusan Petani di Langsa Terima Benih Padi

halaman7.com – Langsa: Ratusan petani yang tergabung dalam kelompok tani menerima bantuan bibit padi dari Pemko Langsa. Sebanyak 12 ton benih padi itu disalurkan kepada 444 anggota kelompok tani di Kota Langsa.

Penyerahan bantuan secara simbolis benih padi dilakukan Wakil Walikota Langsa, Dr H Marzuki Hamid MM, di kantor Keuchik Gampong (desa) Cinta Raja, Kecamatan Langsa Timur, Senin 21 Juni 2021.

Marzuki Hamid, menjelaskan, 444 kelompok tani ini berasal dari 10 gampong di kecamatan Langsa Timur dan Kecamatan Langsa Barat. Mereka memiliki lahan seluas 500 hektare.

Dikatakan, benih padi yang didistribusikan berasal dari penangkaran benih di Gampong Cinta Raja yaitu kelompok tani Bela Saudara yang bekerjasama dengan PT Pertani. Penangkaran benih padi di kota Langsa, ada dua lokasi diantaranya kelompok tani Sukarejo dan Kelompok tani Bela Saudara Cinta Raja.

“Dengan benih padi yang dibantu semoga bermanfaat bagi masyarakat tani di wilayah kota Langsa, dan juga bantuan ini betul-betul amanah tidak diperjualbelikan,”harapnya.

Marzuki Hamid, mengatakan, Pemerintah saat ini terus memperbaiki berbagai sarana untuk meningkatkan produksi pertanian. Seperti pembangunan irigasi, bantuan benih padi serta berbagai jenis bantuan pertanian lainnya.

Selain itu, salah satu inovasi dalam meningkatkan pendapatan petani adalah penangkaran benih padi. Karena benih unggul akan menghasilkan produk yang berkualitas.

Sekretaris Dinas Pangan, Pertanian, Kelautan dan Perikanan Langsa, Muslimatun Salsiah, menyebutkan,  tahun ini sekitar 37 ton benih padi telah dihasilkan kedua kelompok tani tersebut. Yaitu 27 ton dari kelompok tani Sukarejo dan 10 ton Bela Saudara.

“Kita juga bekerjasama dengan PT Pertani dalam hal sertifikasi hingga pendistribusian ke petani,” ujarnya.[habib | red 01]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *