Final Piala Eropa 2021: Dini Hari, Mahkota Benua Biru untuk Siapa, Italia atau Inggris?

halaman7.com Banda Aceh: Mahkota Piala Eropa 2021, selangkah lagi akan milik Italia atau Inggris. Kedua Timnas dini hari nanti, Senin 12 Juli 2021 akan bertarung di stadion Wembley, London.

Kedua Timnas tentu ingin memecahkan rekor tersendiri untuk menjuari Piala Eropa yang diselenggarakan di 11 kota di eropa. Bagi Italia pernah sekali menjuarai Piala Eropa, pada 1968. Kalau hitung-hitung sudah lama kali, 48 tahun silam. Pada Piala eropa 2000 dan 2012, hanya mampu sebagai Runner up.

Bagi Inggris, sama sekali belum pernah merasakan bagaimana cara mengangkat tropy Euro. Pada 1996, saat Inggris memiliki skuad emas saja, The Three Lions tersingkir di semifinal. Euro 2020 ini adalah kali pertama Inggris masuk final dalam sejarah Piala Eropa.

Maka, tahun ini adalah kesempatan emas bagi mereka untuk bisa meraih mahkota sepakbola Eropa tersebut.

Gli Azzurri kontra The Three Lions dalam sejarah Piala Eropa baru dua kali bertemu. Dalam dua kali itu, Italia memenangkan kedua pertandingan.

Euro 1980, Italia mengalahkan Inggris 1-0 lewat gol tunggal Marco Tardelli di fase penyisihan grup. Pada Euro 2012, Inggris menyerah lewat adu penalty di perempat final.

Terakhir dalam ajang resmi internasional, Italia kontra Inggris berlaga pada fase grup Piala Dunia 2014 lalu. Saat itu, Italia menang 2-1. lewat gol Claudio Marchisio di menit 35 dan Mario Balotelli di menit 50. Gol Inggris diciptkan Daniel Sturridge di menit 37.

Dalam laga final dini hari nanti, selain unjuk kualitas indevidu kedua tim, juga menjadi ajang pertarungan dua pelatih, Roberto Mancini dan Gareth Southgate. Kedua pelatih yang sama-sama dibesarkan Timnas masing-masing.

Raheem Sterling dan Harry Kane, sudah pasti akan mengeluarkan sekali kemampuanya dalam laga krusial ini. Begitu juga, Insigne, Immobile, Chiesa tentu tak mau kalah dan tinggal diam, pasti akan mengeluarkan segala skill mereka.

Diatas kertas, banyak pihak memprediksi Inggris bisa menjadi juara. Alasan utamanya, karena faktor tuan rumah. Tentu karena tuah Wembley kerap menyertai The Three Lions saat berlaga di stadion kebanggan Inggris ini.

Namun, jangan lupa pula. Dalam keberhasilan Italia meraih sekali juara Eropa dan dua kali runner up, semuanya di dapat di luar kandang. Artinya, mereka tidak mesti main di Italia baru bisa juara. Malah di luar, kandang pasukan ‘biru langit’ ini lebih bersinar.

Lalu, dini hari nanti milik siapa? Anda bersama ribuan juta manusia lainnya di dunia akan menjadi saksi.

INFO Terkait:

Perkiraan Susunan Pemain Final Euro 2020

Italia: Donnarumma; Emerson, Chiellini, Bonucci, Di Lorenzo; Barella, Jorginho, Verratti; Insigne, Immobile, Chiesa.

Pelatih: Roberto Mancini.

Inggris: Pickford; Shaw, Maguire, Stones, Walker; Rice, Phillips; Sterling, Mount, Saka; Kane.

Pelatih: Gareth Southgate.[andinova | red 01]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *