Ketua YARA Langsa: Tak Ada Alasan bagi Pemko Tidak Bayar Innakesda

halaman7.com – Langsa: Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Langsa, H A Muthallib Ibr SE SH MSi MKn, menegaskan Pemko Langsa harus segera bayar Intensif Tenaga Kesehatan Daerah (Innakesda) di Pemko Langsa.

“Kalau beralasan tidak ada uang itu bukan alasan. Kita minta penegak hukum segera periksa Kepala Badan Pengolola Keuangan Daerah (BPKD) Pemko Langsa,” tegas Muthallib, Minggu 5 September 2021.

Dikatakan, bukan beralasan untuk tidak bayar hak tenaga Kesehatan. Semua daerah di Provinsi Aceh sudah membayar. Hanya Pemko Langsa saja yang belum bayar.

Ini sangat mengejutkan semua pihak dan memalukan. Kerena anggaran untuk bayar para medis yang kerja siang malam, seharusnya tersedia.

“Ini malah, kok berani Pak Amri (Kepala BPKD Langsa) ngomong kesulitan dana. Untuk bayar hak para medis di Langsa,” ujarnya.

Muthallib meminta penegak hukum atau BPK RI Perwakilan Aceh untuk telusuri kemana uang Innakesda Pemko Langsa. Sampai-sampai tidak terbayar sampai saat ini.

Dosen Fakultas Hukum Unsam mengaku sangat memalukan sekali sempat di umumkan Mendagri dan sempat dimuat beberapa media nasional. Kalau Pemko Langsa yang belum bayar uang petugas medis.

Seperti di beritakan sebelumnya, Pemko Langsa ‘kelimpungan’ Innakesda pascadesakan dari Mendagri agar menyegerakan pembayaran tersebut.

INFO Terkait:

Kesulitan Biaya

Pemko Langsa sangat kesulitan membiayai kegiatan penyelenggaraan pemerintahan  dikarenakan kemampuan keuangan yang terus berkurang baik di saat penetapan APBK Tahun Anggaran 2021 maupun setelah penetapan APBK Tahun Anggaran 2021.

Menurut Amri, pada saat penetapan APBK Langsa 2021 ada beberapa belanja yang belum cukup dianggarkan sebesar Rp11.153.505.203. Seperti Belanja BPJS Kesehatan yang baru dianggarkan 7 bulan sebesar Rp6.347.040.905. Seharusnya dianggarkan sebesar Rp10.910.506 108 masih kurang dianggarkan sebesar Rp4.563.465.203.[ril | red 01]

Satu tanggapan untuk “Ketua YARA Langsa: Tak Ada Alasan bagi Pemko Tidak Bayar Innakesda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *