Saat Sang Istri yang Memindahkan Tali Toga

halaman7.com – Sintang, Kalbar: Tidak ada acara glamor. Acara yang penuh suka cita itu hanya dilewati bersama istri dan anak tercinta saja.

Acara wisuda program doktor yang diikuti Dr Ronny SAP MM dari kampus ternama di Indonesia, Universitas Indonesia (UI) hanya bisa disaksikan lewat layar monitor. Bahkan, saat prosesi wisuda dengan pemindahan tali toga yang lazim dilakukan rektor, ini hanya bisa dilakukan oleh sang istri.

Begitulah yang harus dijalani Dr Ronny, saat mengikuti wisuda secara virtual, dimasa pandemi Covid-19. Ronny adalah Jenderal Bintang satu TNI yang saat ini bertugas sebagai Danrem Alambhana Wanawai, di Kalimantan Barat.

Hari yang bersejarah tersebut hanya bisa dinikmati secara virtual melalui aplikasi zoom dan live streaming di laman Youtube Universitas Indonesia (UI).

Bertempat diruangan Danrem, pada Jumat 17 September 2021, dirinya mengikuti prosesi acara wisuda. Gelar Doktor merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi Brigjen TNI Ronny.

Tidak sia-sia Jenderal asal Ketapang, Kalimantan Barat tersebut, telah berhasil mempertahankan Disertasinya pada Sidang Promosi Terbuka Doktor Kriminologi FISIP Universitas Indonesia beberapa waktu yang lalu. Sehingga kini layak meraih gelar Doktor.

Hikmah Pandemi

Rektor Universitas Indonesia (UI) Prof Ari Kuncoro SE PhD pada sambutannya mengatakan Semoga ilmu yang diperoleh semasa pendidikan di UI dapat menjadi bekal. Akan mengantar untuk menjadi pemimpin terbaik Indonesia.

Rektor UI berpesan kepada seluruh alumni, dengan ilmu yang diperoleh tersebut, bisa mampu menyelesaikan permasalahan dan tantangan baik secara lokal, nasional maupun global.

“Semoga saudara-saudara selalu ingat atas jasa dan peran terhadap dosen, tenaga pendidik, orang tua, saudara, keluarga yang telah mengantarkan anda menyelesaikan pendidikan pada hari ini,” tuturnya.

Lulusan UI harus memiliki kemampuan melakukan analisis dan bisa berfikir kritis. Kreatif mengolah sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.

“Mampu  berkoordinasi dengan berbagai pihak, mampu bernegosisasi dan mampu beradaptasi berbagai perubahan,” imbuhnya.

Brigjen TNI Dr Ronny mengungkapkan rasa syukur dan terimakasih atas wisuda yang bisa berjalan di tengah pandemi saat ini.

Ronny mengatakan, walaupun wisuda ini memang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Namun tidak mengurangi makna. Acara wisuda tetap terlaksana dengan baik.

“Semua ini ada hikmah dibalik masa pandemi Covid-19,” ujarnya.

Selama ini kalau wisuda tali Toga yang sebelumnya diletakan sebelah kiri kemudian dipindahkan ke sebelah kanan yang melakukan adalah rektor. Namun saat ini Isteri yang secara langsung memindahkan tali Toga.

“Tidak berlebihan jika inilah yang menjadikan kebahagian tersendiri dan rasa haru,” ungkap Brigjen TNI Dr Ronny.[Penrem | red 01]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *