Ujian SKD CPNS Kemenag Aceh Makan Korban

halaman7.com – Banda Aceh: Seleksi Kompetisi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (SKD CPNS) Kanwil Kemenag Aceh ‘makan korban’. Pasalnya, lokasi yang jauh dari pusat ibukota Aceh, membuat peserta kewalasan, terutama dari wilayah barat-selatan Aceh.

Akhirnya, puluhan peserta yang selayaknya ikut bagian dalam seleksi tersebut, terpaksa tidak bisa hadir dan terlambat mengikuti seleksi, yang dilaksanakan di Lhokseumawe, Rabu 20 Oktober 2021.

Tidak seperti instansi vertikal lainnya di Aceh, Kanwil Kemenag Aceh justru memilih lokasi untuk ujian SKD CPNS Kemenag 2021 di luar  Banda Aceh dan Aceh Besar, yaitu di Kota Lhokseumawe.

SKD dilaksanakan dengan sistem computer asisted test (AST). Namun, apa hendak dikata, Peserta yang telah  lulus seleksi administrasi dan berhak mengikuti SKD, tumbang sebelum bertanding karena jarak yang sangat jauh.

Pemilihan lokasi tersebut tentu menjadi tanda tanya dan membuat sebagian peserta yang berasal dari Barat-Selatan Aceh. Mereka mengeluh karena jarak yang mereka tempuh serta transpor harus dua kali ganti.

“Mudah-mudahan orang Kemenag Aceh sudah memikirkan matang matang lokasi ujian SKD CPNS ini, biasanya di ibukota provinsi atau sekitarnyalah, jadi dari arah manapun cukup sekali saja baik kendaraan,” ujar salah satu peserta SKD CPNS Kemenag Aceh.

Pada seleksi hari pertama, Rabu 20 Oktober 2021 di Kampus Politeknik Negeri Lhokseumawe, dilaporkan sejumlah peserta tidak hadir (absen). Begitu juga sejumlah formasi lainnya.

Bersama formasi Kanwil, ikut ujian bersama, formasi dari enam institusi lain: UIN Ar-Raniry, IAIN Malikussaleh, IAIN Langsa, IAIN Takengon, BDK Aceh, dan UPT Asrama Haji.

Dilansir dari situs web Kemenag Aceh, Kasubbag Kepegawaian dan Hukum, Muhammad Khudhari SSos MAP, mengakui ada 72 calon peserta SKD CPNS absen pada hari pertama.

Panitia menambahkan, ada juga calon peserta yang tidak bisa mengikuti tahapan seleksi, karena terlambat.

“Kanwil telah mensosialisasikan jadwal dan peserta yang ikut pada sesi demi sesi. Seleksi berlangsung sampai Kamis, 28 Oktober 2021,” jelas Khudhari.

Sebagai informasi jumlah peserta SKD CPNS Formasi Kemenag Aceh pada tahun ini berjumlah  2.135 peserta. Mereka memperebutkan 44 formasi.

Sementara itu, pelaksanaan SKD bagi Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (CPPPK) Kementerian Agama Tahap 1 akan digelar mulai 28-31 Oktober 2021 di Polikteknik Negeri Lhokseumawe dengan jumlah peserta mencapai 789 orang.[andinova | red 01]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *