Hadapi Pora, KONI Aceh Jaya dan Persijaya Temui Pj Bupati

Pertemuan Pengurus KONI dan Persijaya dengan Pj Bupati Aceh Jaya.[FOTO: h7 - ist]

halaman7.com – Calang: Dalam rangka membina dan memajukan olahraga di Aceh Jaya serta persiapan Pekan Olahraga Aceh (PORA) ke XIV Pidie, sejumlah pengurus KONI bertemu dengan Penjabat (Pj) Aceh Jaya.

Pertemuan pada, Senin 26 September 2022, Pj Bupati Aceh Jaya didampingi Plt Sekda, Safrul Maryadi SE Ak MAP; Kepala Dinas Parawisata, Ekonomi Kreatif, Pemuda dan Olahraga, Juanda SPd I MPd dan Staf Khusus Bupati, Zamzami Arani.

Pj Bupati Aceh Jaya mengatakan berkomitmen memajukan olahraga di Aceh Jaya. Ini merupakan hal yang sangat strategis. Guna meningkat daya juang dan prestasi masyarakat dalam bidang olahraga. Sehingga lahir talenta talenta daerah untuk bersaing di tingkat provinsi dan nasional.

“Itu harapan kita,” tegas Pj Bupati.

Terkait PORA ke XIV di Pide, Pemerintah Aceh Jaya telah mengalokasikan anggaran dalam rangka membantu kegiatan PORA serta pembinaan untuk cabang olahraga yang akan ikut sertakan.

Untuk memajukan olahraga di Aceh Jaya perlu mempersiapkan ruang bagi masyarakat yang ingin berprestasi dalam bidang olahraga. Dengan cara membuat turnamen yang bersifat terjadwal. Baik di tingkat gampong, mukim maupun kecamatan.

“Sehingga memudahkan kita menjaring bibit kedepan,” lanjut Nurdin.

Ketua Harian KONI Aceh Jaya, Saiful Bahri, mengatakan menyosong PORA ke XIV, Aceh Jaya, mengikuti 23 cabang olahraga. Disamping itu dalam rangka pembinaan diselenggarakan Pelatda di tingkat daerah.

“Dalam hal ini kami meminta dukungan penuh dari Pemerintah Daerah Aceh Jaya,” ujarnya.

Persijaya

Terkait Tim Persijaya untuk mengikuti kompetisi, juga mendapat dukungan dari Pj Bupati.

Ketua Harian KONI Aceh Jaya, pihaknya besepakat, Persijaya untuk kembali eksis dan mamastikan klub sepak bola kebanggaan Aceh Jaya dapat mengikuti kompetisi Liga 3 tahun ini.

Baca Juga  Persiapan PORA XIV 2022 Atlit Aceh Jaya Gelar Pelatda

“Untuk itu, saat ini kita sudah melakukan Seleksi pemain. Hal ini untuk mengwujudkan harapan masyarakat Aceh Jaya. Agar Persijaya dapat berkibar kembali di Aceh dan Nasional,” ujarnya.

Terkait dengan fasilitas sepakbola, dalam hal ini stadion, digunakan merupakan aset gampong. Hanya saja, terkendala dalam pemeliharaannya. Sehingga kondisinya tidak terawat dengan baik. Begitu juga dengan persoalan akses jalan ke stadion.

Pj Bupati, Nurdin mengatakan, Persijaya merupakan klub sepak bola kabupaten Aceh Jaya dulunya sangat di kenal di tingkat provinsi dan nasional.

Dalam hal ini pemerintah berkomitmen mendorong  dan mendukung. Agar kembali muncul sebagai salah satu klub sepak bola yang akan berkompetisi di liga 3 nantinya. Sehingga harapan masyarakat untuk Persijaya dapat terwujud.

“Dalam ajang pencarian bibit untuk Persijaya, kita akan mempersiapkan ruang bagi pemuda pemuda yang ingin berprestasi dalam sepakbola dengan cara menjadwalkan turnamen berskala rutin di tingkat gampong maupun kecamatan,” ungkap Dr, Nurdin.

Dalam hal fasilitas, untuk jangka pendek Pemkab mencoba menjejaki persoalan stadion yang biasa dipergunakan Persijaya saat ini. Diupayakan stadion tesebut menjadi milik Pemerintah Daerah. Agar pemeliharaan dapat di lakukan Pemda.

Menyangkut pengelolaan stadion tersebut bisa di lakukan Pemda atau gampong setempat. Mekanismenya bisa atur bersama. Terkait dengan akses jalan, akan segera mendata kebutuhan yang diperlukan.

“Disisi lain kita merancang program jangka menengah dan jangka panjang,” ucap Nurdin.[Mus Calang]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.