SMAN 1 Langsa Kampiun Duta Pelajar Sadar Hukum

penyerahan hadiah bagi pemenang dari Kejari Langsa.[FOTO: h7 - dok kejari langsa]

halaman7.com – Langsa: Pelajar SMA Negeri 1 Langsa, putra dan putri sukses menyabet juara pertama pada ajang  seleksi Duta Pelajar Sadar Hukum SMA dan SMK Tingkat Kota Langsa 2023 di Aula SMKN 3 Langsa, Kamis 12 Oktober 2023.

M Habibi Rizki dan Annisah Mufidah Sari berhasil mengharumkan nama sekolah mereka pada ajang bergengsi ini. Sedangkan juara kedua putra/putri diraih, Rizky Ardhiansyah (SMKN 2 Langsa); Cut Risha Anggraini (SMKN 2 Langsa). Juara III putra/putri milik: Muhammad Darul Fiqri (SMAN 3 Langsa) dan Artika Aprilia (SMAN 3 Langsa)

Kepala Kejaksaan Negeri Langsa diwakili Kasi Intelijen, Syahril SH MH mengatakan  Seleksi Duta Pelajar Sadar Hukum ini adalah kegiatan rutin yang sudah beberapa kali dilakukan sejak 2017. Sebagai implementasi dari nota kesepahaman antara Kejaksaan Tinggi Aceh dengan Dinas Pendidikan Aceh.

6Patut dipahami semua, kegiatan ini bukan hanya untuk mencari “sang juara”. Namun lebih dari itu, untuk menanamkan nilai-nilai kesadaran hukum bagi generasi muda (pelajar) melalui para utusan masing-masing sekolah.

Selanjutnya, tiap utusan sekolah meskipun nanti murid utusannya tidak menjadi juara dalam seleksi ini. Namun bisa menjadi teladan bagi teman-temannya yang lain baik di lingkungan sekolah atau diluar sekolah.

Syahril juga menyorot penggunaan media sosial yang umum bagi pelajar. Diharapkan dapat menjadi akselerator penyebaran pemikiran dan ide kesadaran hukum. Kesadaran hukum lebih tinggi nilainya dibandingkan ketaatan hukum.

Dalam kesadaran hukum ada nilai “keikhlasan” untuk menjalankan hukum. Kesadaran hukum juga akan menimbulkan sikap kritis terhadap hukum. Baik hukum yang sudah ada maupun hukum yang harus diadakan berdasarkan kebutuhan di tengah masyarakat.

Melihat kembali perjalanan Duta Pelajar Sadar Hukum pada 2022. Patut diberikan apresisasi kepada Duta  Pelajar Sadar Hukum Perwakilan Kota Langsa 2022. Telah berhasil meraih juara 1 di tingkat Provinsi Aceh. Sekaligus merupakan rekor pertama Duta Pelajar Sadar Hukum yang putra/putrinya berasal dari satu kota yang sama.

Baca Juga  Kejari Langsa Bekali Geuchik Kelola Dana Desa

“Tentunya kita juga berharap Duta Pelajar Sadar Hukum Perwakilan Kota Langsa 2023 ini juga dapat mempertahankan Juara tersebut,” harap Syahril.

Hadir dalam kesempatan ini, Kacab Dinas Pendidikan Wilayah Kota Langsa, Sabri SSTP MSP; Kepala Sekolah SMKN 3 Langsa, Halimatussa’diah SPd;  Kasi Datun Kejari Langsa, Feryando SH MH; Jaksa Fungsional Kejari Langsa, Muhammad Daud Siregar SH MH, guru pendamping peserta dari SMA dan SMK se Langsa.[Antoedy]

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *