UKW PWI – BUMN di Aceh Sukses

Peserta Lulus 100 Persen

Pengurus PWI Aceh, penguji serta peserta berfoto usai UKW.[FOTO: h7 - dok Abdul Hadi | PWI Aceh]

halaman7.com – Banda Aceh: Uji Kompetensi Wartawan (UKW) PWI yang didukung BUMN yang diselenggarakan PWI Aceh, berjalan sukses. Bukan saja sukses penyelenggaraan, sukses juga di raih para peserta UKW.

Dimana dari 24 peserta yang ikut, semuanya dinyatakan kompeten 100 persen alias tidak ada yang gugur atau tidak kompeten.

Pelaksanaan UKW PWI Aceh angkatan XVII yang dilaksanakan dua hari di Banda Aceh, pada 28-29 Desember 2023.

Kepastian lulus 100 persen disampaikan T Haris Fadhillah selaku Koordinator Tim Penguji ketika penutupan UKW Angkatan XVII PWI Aceh, Jumat 29 Desember 2023.

“Hasil yang luar biasa ini betul-betul karena kemampuan peserta, bukan karena ada intervensi dari Ketua PWI  atau ada yang menankut-nakuti penguji, kalau tidak lulus bisa berbahaya,” ujar Haris yang merupakan penguji nasional dari PWI Aceh disambut aplusan peserta dan tim penguji.

Menurut Haris, dengan kelulusan 24 orang peserta UKW Angkatan XVII PWI Aceh maka secara nasional hingga saat ini sudah 18.224 orang wartawan anggota PWI yang sudah kompeten untuk semua jenjang (Muda, Madya, Utama).

Tanggung Jawab Besar

Ketua PWI Aceh, Nasir Nurdin saat penutupan UKW Angkatan XVII PWI Aceh menyampaikan terima kasih kepada PWI Pusat yang telah memfasilitasi UKW PWI Aceh disponsori BSI, PTPN III, dan Forum Humas BUMN.

Nasir mengaku, sejak sejak awal sudah berkeyakinan kalau kawan-kawan bisa kompeten. Karena kalian memang wartawan yang selama ini bekerja secara profesional di media masing-masing. Sehingga tak ada kesulitan ketika mengikuti UKW.

Nasir mengingatkan dengan status wartawan kompeten maka cara kerja harus beda dengan wartawan yang belum kompeten.

“Jalankan tugas sesuai Kode Etik Jurnalistik (KEJ), Undang-Undang Nomor 40 tentang Pers, dan Kode Etik Perilaku Anggota PWI. Kalau seorang wartawan kompeten melakukan pelanggaran tentu sanksinya akan lebih berat,” tandas Ketua PWI Aceh.

Baca Juga  Akademisi Unaya Beberkan Daftar Masalah Pemerintahan Aceh, Jelang Setahun Berakhir Kepemimpinan Nova Iriansyah

Nasir melaporkan, jumlah anggota PWI Aceh hingga akhir Desember 2023 sebanyak 467 orang.

Dengan selesainya UKW Angkatan XVII, maka jumlah anggota PWI Aceh yang sudah kompeten sebanyak 367 orang dengan rincian jenjang Utama 46 orang, Madya 78 orang, dan Muda 243 orang.[ril | red 01]

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.