Sederet Atraksi Wisata dan Seni Budaya di SMF24

Sabang Marine Festival 2023.[FOTO: h7 - dok humas pemko]

halaman7.com – Sabang: Sabang Marine Festival 2024 (SMF24) menjadi agenda tahunan Kota Sabang. Tahun ini akan diisi dengan serangkaian kegiatan dan atraksi wisata menarik yang wajib dikunjungi.

Even bahari terbesar di Aceh ini telah dinobatkan sebagai salah satu dari 110 even terbaik Indonesia. Masuk ke dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024, Kemenparekraf RI. KEN 2024 telah diluncurkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada 27 Januari 2024 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.

“Mengusung tema Perayaan Bahari Terbesar di Aceh, SMF 2024 akan kita laksanakan pada 1-3 Maret, di beberapa titik lokasi di Kota Sabang,” kata kata Pj Walikota Sabang Reza Fahlevi, Sabtu 17 Februari 2024.

Dijelaskan, pemerintah bersama perangkat daerah dan stakeholder lainnya, akan memperkaya festival ini dengan berbagai atraksi budaya dan pariwisata bahari yang membuat SMF 2024 semakin semarak. Pertunjukan pawai marine, parade budaya dan tari kolosal bertema Piasan Melaot (Tarek Pukat) akan menjadi pembuka yang akan menghipnotis penonton.

“Kita membuka partisipasi para pelaku UMKM dalam Pameran Gampong Nelayan, baik yang menyuguhkan hasil laut, seafood, maupun produk UMKM kreatif lainnya,” jelas Pj Walikota Sabang.

Tidak hanya itu, suguhan musik etnik, dan aktivitas bersih-bersih pantai, serta ragam perlombaan bertema bahari juga bebas diikuti bagi masyarakat yang tertarik.

“Di ragam perlombaan bertema bahari itu, ada Lomba Pacu Jaloe (kompetisi dayung tradisional), Open Water Swimming, dan Lomba Memancing. Selain itu, Festival Geulayang Tunang juga ikut memeriahkan SMF 2024,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, SMF24 dilaksanakan secara kolaboratif oleh Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) dan Pemerintah Kota Sabang melalui Dinas Pariwisata, Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh. termasuk, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta didukung pihak lainnya baik TNI, Polri, pihak Swasta, maupun komunitas masyarakat.

Baca Juga  10 Kelompok Usman Terima Mesin Jahit

“Diperkirakan sekitar 1.000 orang lebih terlibat pada Sabang Marine Festival 2024 yang terdiri dari pelaku seni, pelaku usaha/wisata, komunitas adat dan lingkungan serta pekerja pendukung acara,” tambahnya.

SMF24 akan diselenggarakan selama 3 hari ini, di beberapa titik lokasi. Diantaranya, Menara Merah Putih sebagai pusat kegiatan, Jalan Diponegoro depan Kantor Walikota Sabang, Dermaga CT1, Dermaga CT-3, Taman Segitiga.

Kemudian di Gampong Wisata Aneuk Laot, Gampong Wisata Anoi Itam, Gampong Wisata Teupin Ciriek, Gampong Wisata le Meulee, Pantai Gapang dan Pantai Kasih.[ril | M Munthe]

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.