Unjukrasa Warnai Pleno Rekap Suara di Gayo Lues

halaman7.com – Gayo Lues: Aksi unjukrasa atau demo mewarnai pleno rekapitulasi suara yang dilakukan KIP Gayo Lues di Gedung Balai Musara, Gayo Lues, Selasa 27 Februari 2024.

Aksi demo yang dilakukan puluhan masyarakat Gayo Lues, meminta Bawaslu dan pihak penyelenggara Pemilu 2024, dapat menyelesaikan berbagai persoalan dan dugaan kecurangan yang belum tuntas dalam Pemilu 2024 ini.

Menanggapi hal itu, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gayo Lues, Wiwin mengatakan, pihaknya telah koordinasi dengan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Gayo Lues.

“Laporan telah kami terima secara resmi dari Desa Penggalangan, Kecamatan Blangkejeren. Diduga ada indikasi kecurangan tentang berita acara,” jelas Wiwin.

Begitu juga kasus di Desa Pintu Rime, Kecamatan Pining, dimana ada dugaan di TPS 1, Ketua KPPS nya terlibat partai politik. Laporan ini akan dilakukan proses pengkajian, paling lama 2 x 24 jam. Setelah itu, Bawaslau akan sampaikan hasil kajian tersebut.

Unjukrasa damai tersebut dikawal ketat aparat penegak hukum dari Polres Gayo Lues serta melibatkan personel Brimob.

suasana Pleno perhitungan suara di Gayo Lues.[FOTO: h7 – kasimsyah]
Sebelum ada aksi, sejumlah aparat Polres Gayo Lues plus Brimob telah siaga dalam melakukan pengawalan ketat rekapitulasi penghitungan suara di gedung yang terletak di jalan Blangkejeren-Kutacane itu.

Dalam pleno itu, juga dihadiri Kapolres, Dandim dan Kejari serta sejumlah Caleg yang berkemungkinan meraih kursi DPRK Gayo Lues, seperti H Ali Husin, H Muhamad Rauh. Serta hadir juga para saksi dari partai politik dan anggota Bawaslu.

Hingga berita ini dilaporkan wartawan halaman7.com dari lokasi, pelno rekapitusi suara, masih berlangsung.[Kasimsyah | red 01]

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.