Blang Kolak 1 Gelar Takbir Keliling Tradisional

Takbir keliling secara tradisional di Kampung Blang Kolak 1, Aceh Tengah.[FOTO: h7 - dok panitia]

halaman7.com – Aceh Tengah: Ratusan masyarakat Kampung Blang Kolak 1, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah, menggelar takbir keliling secara tradisional dalam rangka menyambut Hari Raya Idulfitri 1445 H.

Dengan menggunakan obor, masyarakat Kampung Blang Kolak 1 yang didominasi anak-anak muda tersebut berkeliling Kota Takengon untuk merayakan kemenangan. Setelah menjalankan puasa ramadhan selama 30 hari.

Menurut Ketua Perayaan Hari Besar Islam (PHBI) Kampung Blang Kolak 1, Defri, kegiatan ini sudah direncanakan para pengurus organisasi itu, serta tokoh masyarakat setempat.

“Alhamdulillah, kita melibatkan anak-anak, orang muda serta masyarakat kampung, antusias sangat luar biasa,” kata Defri.

Dijelaskan, rute takbir dimulai dari halaman Masjid Raudhatul Jannah, kemudian menuju Jalan Lebe Kader, Depan Polres Aceh Tengah, Simpang 5, hingga Pasar Inpres dan Lorong SMEA kemudian kembali ke masjid tempat awal dilepas.

“Kita melibatkan semua unsur di kampung dalam pelaksan malam takbir ini, dan melibatkan aparat kepolisian, terima kasih kepada semua pihak,” ucap Defri.

Panitia juga, setelah takbir keliling, pihaknya membagi hadiah kepada para pemenang kegiatan lomba keagamaan yang berlangsung selama ramadhan.

Selain diramaikan obor, perayaan malam takbir tersebut turut dimeriahkan sejumlah mobil hias, serta diramaikan suara tambur yang dibunyikan oleh para pemuda.

Sementara itu Reje Kampung Blang Kolak 1, Asri Kandi mengatakan, perayaan malam takbir ini menjadi bagian yang tak terpisahkan dari identitas kampung tersebut, yakni keberagaman.

“Kita hidup di lingkungan multi etnis dan multi agama. Jadi kita bagikan suasana idul fitri ini secara bersama-sama,” ucap Asri.

Menurutnya, masyarakat yang menyaksikan malam takbir tentu dari warga yang beragam identitas, sehingga kebersatuan di kampung ini harus tetap dipertahankan.

Baca Juga  Awak Beuracan, Sukses Bisnis U Muda di Tangerang

Perayaan malam takbir Idul Fitri 1445 H lanjut Asri, menjadi catatan sendiri bagi masyarakat setempat. Karena sejak ramadhan berbagai kegiatan dilakukan secara bersama-sama, hingga puncaknya, Idulfitri masyarakat tetap melakukan kegiatan dengan kompak dalam suasana riang gembira.

“Tentu kami ucapkan terima kasih kepada PHBI, pengurus Masjid Raudhatul Jannah, para Kadus, Babinkabthibmas, Babinsa dan masyarakat Kampung Blang Kolak 1,” pungkas Asri.[ril | red 01]

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *