38 Geuchik Kota Langsa Akan Akhiri Masa Jabatan

Al Azmi SSTP MAP

halaman7.com – Langsa: Sebanyak 38 geuchik atau kepala desa dalam wilayah Pemko Langsa akan berakhir masa jabatannya pada 76 Juli 2024 mendatang dan akan digantikan dengan Penjabat (Pj) untuk menjalankan roda pemerintahan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) Kota Langsa, Al Azmi SSTP MAP, Selasa 14 Mei 2024 di kantornya menjelaskan pada bulan Juli 2024 secara otomatis jabatan geuchik berakhir.

Ada sekitar 47 gampong (desa) yang sudah habis masa jabatan geuchik. Namun 7 diantaranya telah diisi penjabat sementara yang kini mengisi kekosongan jabatan geuchik dimaksud.

Kemudian masih ada 2 lagi yang berakhir pada Desember 2024 yaitu Gampong Simpang Lhee dan Gampong Teulaga Tujuh, Kecamatan Langsa Barat.

Jadi total dari 47 yang sudah ada Penjabatnya 7 orang dan 2 lagi masih aktif atau berakhir Desember. Maka secara serentak untuk penempatan Penjabat hanya 38 gampong saja.

Nantinya, 38 gampong yang kosong geuchik akan ditempatkan para ASN yang didominasi dari masing-masing kecamatan dalam wilayah Pemko Langsa.

“Biasanya para ASN yang ada di kantor kecamatan untuk mengisi jabatan lowong para geuchik tersebut,” jelas Al-Azmi.

Pun demikian, para penjabat yang akan bertugas mengisi kekosongan para geuchik ini terbilang panjang masa kerjanya hingga usai pelantikan Pilkada pada Februari tahun 2025 nantinya.

“Saat ini kita dihadapkan Pilkada dulu, lantas setelah dilantik kepala daerah maka akan dilaksanakan pemilihan geuchik secara serentak,” ungkap Al Azmi.[ril | Antoedy]

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *