Timbun Solar Bersubsidi Seorang Pria di Aceh Selatan Diamankan Polisi

halaman7.com – Banda Aceh: Polres Aceh Selatan mengamankan seorang pria berinisial H (37 tahun) asal Labuhan Haji, karena diduga melakukan penimbunan minyak solar.

Modusnya, pria ini membeli solar di SPBU berulang kali dengan menggunakan mobil yang tangki minyaknya sudah di modifikasi sedemikian rupa. Sehingga seusai dibeli, pria ini bisa menyuling kembali ke dalam jerigen untuk disimpan.

Ternyata, polisi mencium gelagat yang tak baik dari pria ini. Akhirnya pada Kamis 14 April 2022 dini hari, sekira pukul 00.10 wib, saat H membeli minyak solar dengan menggunakan mobilnya.

“H diduga telah melakukan penyalahgunaan BBM bersubsidi dengan modus membeli minyak di SPBU dengan mobil bertangki telah dimodifikasi untuk disimpang,” ucap Dir Reskrimsus Polda Aceh, Kombes Pol Soni Sonjaya, dalam keterangannya, Kamis siang.

Dijelaskan Dir Reskrimsus, awalnya pada Rabu 13 April 2022 sekira pukul 23.00 wib, sejumlah petugas dari unit Opsnal dan unit 2 Pidter Satreskrim Polres Aceh Selatan membuntuti mobil yang dikendarai pelaku yang bolak balik ke SPBU untuk mengisi BBM jenis solar.

“Lalu pada Kamis 14 April 2022, sekira pukul 00.10 wib, petugas langsung memeriksa mobil tersebut dan ditemukan bagian tangki mobil sudah dimodifikasi dengan adanya baut kran tambahan untuk mengeluarkan minyak bersubsidi,” jelas Dir Reskrimsus.

Dari hasil pemeriksaan petugas, sebut Dir Reskrimsus, BBM jenis solar setelah dibeli dari SPBU langsung dibawa ke rumah pelaku di Kecamatan Labuhan Haji Timur untuk disimpan dalam jerigen berkapasitas 32 liter dengan jumlah jerigen sebanyak 5 buah.

Dari keterangan sementara kepada petugas, pelaku telah melakukan aksi penyalagunaan BBM solar itu lebih kurang selama 3 bulan.

Baca Juga  Kakek Berumur 60 Tahun Ditangkap Polisi

Barang bukti yang diamankan petugas berupa satu unit mobil yang sudah dimodifikasi bagian tangki, satu pompa manual, 5 jerigen berisi solar lebih kurang 160 liter, 7 jerigen kosong isi 32 liter, 2 jerigen kosong isi 20 liter dan satu jerigen bekas oli warna merah isi 5 liter, satu corong besar dan kecil, satu ember warna hitam, satu timbangan berat 30 kg.[ril | red 01]

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *