Puncak HUT ke 78 RI di Wilayah Timur Aceh

Pengibaran bendera Merah Putih pada puncak HUT RI di Aceh Timur.[FOTO: h7 - dok HUmas Pemkab]

halaman7.com – Aceh Timur: Puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 78 Republik Indonesia digelar seluruh tempat di Aceh. Termasuk di wilayah timur Aceh juga melakukan hal yang sama. Dengan menggelar upacara bendera, Kamis 17 Agustus 2023.

Di Aceh Timur, upacara HUT RI dipusatkan di lapangan pusat pemerintahan kabupaten tersebut. Bupati Aceh Timur, Ir Mahyuddin MSi menjadi Irup HUT ke 78 RI tersebut. Ketua DPRK Aceh Timur, Fatah Fikri, membaca Teks Proklamasi Kemerdekaan.

Peserta upacara terdiri dari perwakilan  TNI/Polri, PNS, Satpol-PP, SMP dan SMA sederajat. Detik-detik proklamasi berlangsung tepat waktu, pukul 09.50 Wib, yang ditandai dengan bunyi sirine.

Komandan Kodim (Dandim) Aceh Timur, Letkol Inf Tri Purwanto, didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana, Yuni Tri Purwanto, usai upacara mengatakan, peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 2023 ini merupakan momentum untuk menambah semangat juang bagi penerus bangsa.

Peringatan hari ulang tahun proklamasi kemerdekaan RI adalah bentuk perjuangan para pejuang bangsa dan negara Indonesia dari penjajahan. Ini menjadi kewajiban generasi saat ini untuk menjaga kemerdekaan. Dengan semangat juang tinggi membangun kemajuan, keutuhan dan kerukunan bangsa dalam toleransi kebinekaan.

Langsa

Pj Walikota Sabang serahkan bendera merah utih pada Paskibra untuk di kibarkan.[FOTO: h7 – dok Humas Pemko]
Di Langsa, upacara peringatan HUT ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia berlangsung khidmat. Dipusatkan di Lapangan Merdeka. Bertindak selaku Inspektur Upacara Pj Walikota Langsa, Ir Said Mahdum Majid.

Usai upacara, jajaran Forkompimda Langsa melakukan anjangsana ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Langsa. Guna menjenguk para narapidana sekaligus pemberian  remisi dalam rangka HUT ke 78 RI.

Dalam upacara kali ini juga ada  penampilan atraksi polisi cilik (Polcik) yang menampilkan kebolehan dalam baris berbaris dari para siswa/i Sekolah Dasar (SD) wilayah ini.

Baca Juga  Polres Langsa Tangkap Pelajar Pelaku Tawuran

Polda Aceh

Wakapolda Aceh Irup HUT RI di Mapolda.[FOTO: h7 – dok humas Polda]
Sementara itu, di Polda Aceh juga digelar upacara peringatan HUT ke 78 Kemerdekaan RI di lapangan apel Mapolda. Bertindak.sebagai inspektur upacara (Irup) Wakapolda Aceh, Brigjen Pol Syamsul Bahri.

Upacara pengibaran bendera merah putih di Polda Aceh ini berjalan khidmat dan lancar.  Sedangkan Kapolda mengikutinya di kantor Gubernur bersama Forkopimda.[ril | Antoedy]

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *