Abuya Sarkawi, April Maop di Bulan Mei

Pembaca yang berbahagia

APRIL Mop merupakan istilah di belahan dunia eropa. Intinya lelucon yang boleh dilakukan siapa saja dan untuk siapa pada setiap 1 April. Bagi siapa yang kena April mop tidak boleh marah.

Sedangkan Maop merupakan bagian dari budaya atau tradisi di Aceh untuk menakut-nakuti. Intinya menakuti seseorang (umumnya anak-anak).

Kalau boleh meminjam istilah April M(a)op, dalam kasus pengunduran diri Bupati Bener Meriah Tgk Sarkawi menjadi lelucon bagi sebagian orang tapi lelucon itu menakutkan. Hanya saja, Abuya tidak melakukan di bulan April tapi di bulan Mei.

Akhir Mei adalah awal bukan Syawal. Dimana seluruh ummat muslim saling memaafkan awcara massal setelah sebulan penuh membakar dosa yang telah diperbuat selama 11 bulan sebelumnya.

Bertepatan dengan hari nan fitri itu juga Abuya Sarkawi melemparkan bola api ke masyarakat yang hadir dalam shalat ied tersebut. Dan bola api itu tak hanya hangat terasa bagi jemaah, namun politikus dan para pemain politik kacangan di negeri Gajah Putih itu.

Maop yang di lempar Sarkawi, laksana memancing badai dalam gerimis di tengah padang tandus. Hanya saja, sebelum badai menerpa, angin telah disirnakan gerimis. Dan sang pawang pun pulang, sambil memegang pinggang karena encok yang sempat kumat.

Galeri Abuya Sarkawi

Dalam mundurnya Sarkawi ini, semakin membuka mata Abuya siapa sebenarnya yang berbirahi penuh nafsu yang menginginkan ia mundur dan siapa yang sebenarnya kawan sejati yang ikut senang dan susah meski dalam kondisi apapun.

Berita Terkait: Bupati Bener Meriah Mundur, Masyarakat Gempar Saat Shalat Idul Fitri

Ibarat “cek ombak”, Sarkawi makin mengetahui siapa kawan dan siapa lawan dalam kontemplasi Pemilu 2022. Sebagaimana deras gelombang, sedalam apa lautan, seluas apa padang ilalang dan setinggi apa Burni Telong yang perlu didaki.

Meski Sarkawi seorang ulama dan peminpin dayah, bukan lah yang mustahil, apalagi “haram” bermain dalam irama politik. Apalagi jabatan yang dipegangnya saat ini adalah buah tangan perjuangan dan proses politik.

Bagi mereka (Anggota Dewan, LSM, Politikus, Tokoh Masyarakat) yang sudah kepalang basah masyarakat sudah mencatat guna memperpanjang daftar track record siapa anda ssbenarnya dan layak atau tidak masih jadi panutan.(h7)

Facebook Comments
(Visited 72 times, 1 visits today)
142 views

Satu tanggapan untuk “Abuya Sarkawi, April Maop di Bulan Mei

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *