Tak Ada Kunjungan Keluarga ke Lapas dan Rutan Saat Idul Fitri

halaman7.com – Kuala Simpang: Dalam Suasana Lebaran Idul Fitri sekarang ini, Minggu 24 Mei 2020, pada kondisi Pandemi Covid-19, Lapas Kelas IIB Kuala Simpang juga  tidak menyediakan layanan kunjungan keluarga.

Hal ini guna mencegah dari penyebaran Covid-19 sebagai langkah memutuskan mata rantai Virus Corona  (Covid-19) di dalam Lapas Kuala Simpang.

Kepala Lapas Kelas IIB Kuala Simpang Davy Bartian mengatakan pemberlakuan ini menindaklanjuti Instruksi dari Surat Edaran Dirjen Pemasyarakatan, tentang tidak ada kunjungan keluarga bagi para warga binaan.

Kunjungan tersebut, ujar Davy, diganti dengan video call sebagai sarana pengganti kunjungan keluarga atau kerabat guna pencegahan penyebaran Covid-19 pada saat hari Raya Idul Fitri dan petugas hanya menerima menitipan makanan dari keluarga untuk warga binaan yang ada didalam Lapas.

Ini juga guna menindak lanjuti arahan dan imbauan dari Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM menyampaikan tidak adanya kunjungan lebaran.

Bahkan seluruh Lapas dan Rutan di Aceh sudah diinstruksikan tidak membuka layanan kunjungan keluarga atau kerabat narapidana maupun tahanan saat lebaran guna pencegahan penyebaran Covid-19, dalam upaya memutuskan mata rantai.

Kalapas berharap agar masyarakat khususnya para pengunjung dapat memahami, juga kerja samanya dalam antisipasi pencegahan penyebaran Covid-19 ini.

Agar pelaksanaan instruksi itu bisa berjalan, Lapas Kelas IIB Kuala Simpang telah menggelar Apel Siaga kesiapan Petugas dalam rangka pengamanan menjelanag Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah, Sabtu 23 Mei 2020 di  Aula Serbaguna.

Apel ini diikuti seluruh petugas Lapas serta Tim Satops Patnal (Satuan Operrasional Kepatuhan Internal) dan Tim Pencegah Covid-19 Lapas Kuala Simpang.

“Petugas piket diharapkan dapat menjalankan tugas dengan baik agar suasana dapat terkendali, dan selalu meningkatkan pengawasan terhadap warga binaan, juga tetap waspada dan terus melakukan kontrol keliling guna menghindari gangguan keamanan,” harap Davy Bartian.

Lanjutnya, kegiatan siaga ini nantinya dapat bantuan pengamanan dari Polres Aceh Tamiang untuk membantu memantau agar keamanan berjalan dengan baik.[Antoedy]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *