Jalani Operasi Amole, 196 Brimob Aceh di BKO ke Papua

halaman7.com – Banda Aceh: Guna menjalankan misi pengamanan dalam Operasi Amole 2020, sebanyak 196 personel Brimob Polda Aceh di BKO kirim ke Papua. Ratusan Brimob Aceh ini akan melakukan pengaman obyek vital di negeri cendrawasih ini.

Kapolda Aceh Irjen Pol Wahyu Widada mengatakan, Operasi Amole ini, Personel Satbrimob Polda Aceh bertugas untuk mengamankan obyek vital PT Freeport di Papua. Sebab, saat ini tugas pengamanan obyek vital ini sudah dipercayakan kepada Polri.

“Jangan sampai menjadi evaluasi jika Polri tidak mampu mengamankannya,” tegas Kapolda saat pelepasan 196 personel Brimob Aceh di Mako Kompi 1 Batalyon A Pelopor, Ujung Batee, Aceh Besar, Jumat 19 Juni 2020.

Kapolda mengatakan, tugas personel BKO disana adalah untuk memberi rasa aman dan menjamin keamanan di obyek vital tersebut dan sekitarnya. Untuk itu, para personel harus dibekali dengan perlengkapan yang baik, seperti perlengkapan obat-obatan, vitamin dan perlengkapan lainnya yang dibutuhkan di medan tugas.

Dikatakan, bila daerah aman, maka investor luar akan datang untuk menanamkan investasinya di sana, sehingga pertumbuhan ekonomi menjadi baik.

Kapolda menyebutkan, kemampuan yang dimiliki personel Satbrimob sangat dibutuhkan. Hasil kajian para pakar untuk mengamankan keadaan krisis, kontijensi dan di medan yang sangat berat, karena itu tingkatkan kemampuan dan siapkan diri dengan baik.

“Melaksanakan tugas di Papua  tidak mudah dan banyak tantangan diantaranya cuaca,  medan dan karakteristik daerah yang sangat berbeda dengan daerah kita ini,” ujar Kapolda pada upacara pelepasan yang dihadiri Wakapolda Brigjen Pol Raden Purwadi.

Mengutip filosofis Jenderal Strategi tempur Sun Tzu, kapolda berpesan pada personel Satbrimob Aceh untuk “kenali dirimu, kenali musuhmu, dan kenali medan tempurmu. seribu peperangan, seribu kemenangan.”

Dari filosofi itu, Kapolda berharap, sebanyak 196 personel Satbrimob yang berangkat BKO ke Papua, maka sejumlah ini juga yang harus kembali ke Polda Aceh, setelah melaksanakan tugas di sana.

“Berangkat dalam kondisi seperti ini dan pulang juga harus dalam kondisi seperti ini,” ingat Kapolda.

Kapolda juga berpesan agar selalu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Esa, menjaga kekompakan serta mengaplikasikan semua kemampuan diri dan yang dibekali dari latpraops dan latihan sebelumnya untuk melaksanakan tugas di sana.[SP | red 01]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *