Ratusan Tukik dilepasliar ke Laut

halaman7.comAceh Tamiang: Ratusan tukik tukik tuntong laut (batagur borneoensis) dilepas ke laut untuk dikembalikan ke habitatnya. Ini upaya pelestarian hewan yang selama ini mulai langsa tersebut.

Pelepasan hewan laut ini dilakukan Yayasan Satucita Lestari Indonesia (YSLI) dengan melepasliarkan 375 ekor tukik tuntong laut yang merupakan hasil dari pengamanan dan penetasan telur yang dilakukan di pantai Ujung Tamiang, Pusong Kapal, Kecamatan Seruway, Kabupaten Aceh Tamiang.

Ketua Yayasan Satucita Lestari Indonesia (YSLI), Yusriono mengatakan, proses pelepasliaran 375 ekor tukik tuntong laut tersebut tetap dilakukan, meskipun kondisi masih dalam pandemi corona (Covid-19).

Acara pelepasan dibuat sederhana  sekali yang hanya dihadiri sejumlah orang dari yayasan, PT Pertamina EP Rantau, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh yang dihadiri Kepala Resort KSDA Wilayah Langsa, Azharuddin.

“Pelepasan satwa langka ini melibatkan unsur pemuda pesisir Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kampung Pusong Kapal dan Sungai Kuruk Tiga, Seruway,” terang Yusriono kemarin.[Antoedy]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *