Tokoh Muda Brebes, Bantu Muslim Rohingya di Aceh

halaman7.com – Lhokseumawe: Tokoh Muda Brebes, Muhammad Munawir Lasiyono, menyalurkan bantuan langsung untuk Muslim Rohingya di Aceh.

Mendapat informasi adanya sebanyak 94 pengungsi etnis Rohingya yang terdampar di Aceh Munawir yang juga ketua Yayasan Rumah Cinta Brebes, tergerak hatinya untuk membantu kaum muslim rohingya dan langsung meninjau ke pengungsian ke Aceh.

“Rabu kita sudah menyerahkan bantuan berupa sembako, alat alat tulis dan diterima langsung Relawan PMI, Rifki serta disaksikan Ketua PMI Kota Lhokseumawe Junaidi Yahya,” jelas Muhammad Munawir yang akrab disapa Mas Munawir, Kamis 9 Juli 2020.

Berdasarkan data di lapangan, bahwa jumlah pengungsi laki laki dewasa 17 orang, perempuan dewasa 49 orang, jumlah anak laki laki 10 orang dan anak perempuan 23 orang, jadi keseluruhan ada 99 orang pengungsi.

Saat ini, di pengungsian sudah ada 2 mobil layanan ACT, air bersih, dapur posko Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Salah seorang di antara kamu sekalian tidaklah sempurna imannya sebelum ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri,” begitu alasan Mas Munawir mengutarakan niatnya untuk membantu muslim Rohingya tersebut.

Karena eratnya kesatuan sesama kaum Muslim ini, Mas Munawir mengutip hadist Rasulullah yang bersabda, ”Perumpamaan orang-orang yang beriman di dalam saling mencintai, saling menyayangi dan mengasihi adalah seperti satu tubuh, bila ada salah satu anggota tubuh mengaduh kesakitan, maka anggota-anggota tubuh yang lain ikut merasakannya, yaitu dengan tidak bisa tidur dan merasa demam” (HR Bukhari dan Muslim).

“Semoga bantuan ini bisa meringankan saudara kita,” ucap Mas Munawir.[ril |red 01]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *