Lhokseumawe ‘Peumulia Jamee’ Rohingya

halaman7.com – Lhokseumawe: Pemerintah Kota (Pemko) Lhokseumawe siap menampung dan memuliakan tamu (peumulia jamee) muslim asal Rohingya yang terdampar di daerah petro dollar tersebut.

Kesiapan itu disampaikan Wakil Walikota Lhokseumawe Yusuf Muhammad SE MSM, Sabtu 27 Juni 2020 sore, saat memantau langsung kondisi pengungsi warga Rohingya yang untuk sementara waktu masih berada di eks Kantor Imigrasi Kota Lhokseumawe, Desa Peunteut Kecamatan Blang Mangat.

“Kami beri apresiasi yang luar biasa kepada masyarakat ternyata masyarakat Aceh masih menjunjung tinggi budaya “Peumulia Jamee” dengan hati yang terbuka untuk menerima kehadiran warga etnis muslim Rohingnya,” kata Wakil Walikota.

Yusuf Muhammad mengatakan dalam keadaan musibah seperti ini, Pemko terima dulu, fasilitas terus dipenuhi, kekurangan air bersih, MCK dan dapur umum, dengan dibantu sumbangan dari berbagai masyarakat dan relawan, sehingga sudah tertolong mereka.

INFO Terkait: 

Untuk itu, hari ini, Senin 29 Juni 2020 dilakukan rapat bersama Forkompimda guna membahas lokasi yang layak untuk bisa menampung 99 pengungsi Rohingya.

“Apakah akan ditempatkan di Pasar Induk Kota Lhokseumawe agar lokasi yang tersedia bagi pengungsi lebih luas. Namun, itu belum pasti, kita tunggu hasil rapat koordinasi,” ujarnya.

Wakil Walikota mengingatkan kepada seluruh relawan dan masyarakat yang semakin antusias membantu para pengungsi agar tetap menjaga protokol kesehatan. Saat ini kendala pemerintah adalah menghadapi pandemi Covid-19 yang masih terus membayangi.

“Kami sangat berterimakasih dengan kehadiran UNHCR, IOM, MRI, ACT, FPRM dan relawan lainnya terus berupaya membantu menyelesaikan berbagai keperluan daripada para pengungsi,” ungkap Wakil Walikota.[ril |Antoedy]

Facebook Comments
(Visited 17 times, 1 visits today)
57 views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *