Rawat Pasien Covid, Aceh Tamiang Siapkan Ruang Pinere

halaman7.com Aceh Tamiang: Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tamiang, Basyaruddin meresmikan Ruang Rawat Pinere RSUD Aceh Tamiang, Kamis 13 Agustus 2020.

Ini merupakan tahapan lanjutan pada persiapan pengetatan perbatasan Aceh dan pencegahan penyebaran Covid-19 di Provinsi Aceh pada umumnya dan Kabupaten Aceh Tamiang  khususnya.

Sekda mengatakan Rumah Sakit Umum Daerah selama ini telah menjalankan fungsinya sebagai pelayanan kesehatan dengan baik dan diharapkan seterusnya dapat memberikan pelayanan prima kepada seluruh masyarakat Tamiang.

Lanjutnya, peresmian ruang rawat Pinere bertujuan untuk melayani dan merawat pasien yang terpapar Covid-19 meski dengan saranan dan prasarana yang memadai.

“Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang akan terus berupaya dan berkomitmen penuh mendukung terselenggaranya pelayanan kesehatan yang lebih baik,” ungkapnya.

INFO Terkait:

Direktur RSUD Aceh Tamiang, dr Tengku Dedy Syah mengatakan dalam situasi pandemi ini peran RSUD sebagai pelayanan kesehatan sangatlah penting.

Setiap Rumah Sakit, dituntut harus menyediakan fasilitas ruang rawat Infeksi New Emerging dan Re-Emerging yang disingkat dengan Pinere. Minimal 10 persen dari jumlah tempat tidur yang ada berguna untuk menampung pasien terpapar Covid-19.

“Ini sesuai Surat Gubernur Aceh Nomor 900/11782 tanggal 7 Agustus 2020,” terang Dedy.

Dikatakannya juga, ruang rawat Pinere harus sesuai dengan standar penanganan pasien Covid-19. Baik kategori ringan dan sedang yang membutuhkan observasi dan perawatan awal.

Saat ini, ruang Pinere menyediakan sebanyak lebih kurang 30 tempat tidur. Tiap kamar difasilitasi kamar mandi dalam, tempat tidur dan kipas angin.

“Kami berharap masyarakat Aceh Tamiang yg menderita Covid-19 dapat tertampung diruangan ini nantinya,” jelasnya.[Antoedy]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *