KGR Langsa Gelar I’tiqaf Qur’ani Generation

halaman7.com Langsa: Komunitas Generasi Rabbani (KGR) Kota Langsa mengadakan I’tiqaf Qur’ani Generation (IQ-Gen) untuk para remaja dan generasi muda, di Masjid Muwahhidin Gampong Jawa, Kecamatan Langsa Kota, Kota Langsa.

Kegiatan dengan tema “Menjadi Pemuda Baperan (Bawa Perubahan) Why Not!” Itu diikuti 45 peserta. Turut dihadiri pengurus KGR Langsa dan juga Komunitas Pemuda Dakwah HAMIM Aceh Tamiang.

Ketua Panitia, Afrizal Refo MA, Senin 14 September 2020 mengatakan kegiatan IQ-Gen ini sudah menjadi program rutin bulanan bidang Kaderisasi KGQ Kota Langsa. Adapun tujuan utamanya adalah agar anak muda sekarang dapat mengisi kegiatan dengan hal-hal yang positif. Selain itu juga untuk menambah keilmuan.

“Para peserta yang didominiasi oleh generasi muda itu sangat antusias mengikutinya. Pasalnya mereka baru pertama kali mendapatkan materi-materi dan berdiskusi yang membahas isu keremajaan dan kekinian,” kata Refo.

Kegiatan lainnya yaitu qiyamullail, shalat subuh berjama’ah dan diakhiri dengan muhasabah. Para peserta diajak untuk mengintropeksi dirinya masing-masing dan hampir semua peserta pun menangis dalam muhasabahnya.

Ketua Umum KGR Langsa Muhammad Affan MPd I mengatakan bahwa kegiatan IQ-Gen sangat penting dilaksanakan bagi generasi muda untuk mencharge keimanan dan menjaga kekompakan sebagai sarana kaderisasi.

Affan mengingatkan peserta bahwa seluruh rangkaian IQ-Gen ini adalah dalam upaya membiasakan ibadah sehari-hari. Selama ini ketika dilaksanakan sendiri-sendiri timbulnya rasa malas. Sehingga pasca kegiatan IQ-Gen ini akan memberikan sesuatu yang berbeda.

“Dari itu kami mengingatkan dan mengajak agar KGR ini harus menjadi pioneer bagi nilai-nilai kebaikan. Terutama sekali untuk nilai-nilai islami di kota Langsa,” kata Affan.

Semangat Ruhiyah

Sementara itu Pembina KGR Kota Langsa yang juga Dosen Fakultas Syari’ah IAIN Langsa Dr H Awwaluz Zikri Lc MA menambahkan diadakannya IQ-Gen dalam rangka men-scanning ulang sekaligus membangkitkan semangat ruhiyah para generasi muda.

Diharapkan para peserta dapat selalu memperbaharui semangat ruhiyahnya dan kelak akan berguna di masyarakat.

IQ-Gen juga diisi dengan tausiyah Yasir Ibrahim MPsi. Ia mengungkapkan setiap kader harus memiliki keinginan yang besar untuk membersihkan dirinya. Sehingga kualitas keimanannya bisa teruji dan dapat membuktikannya dengan amal.

“Orang yang mampu membersihkan dirinya, maka akan memiliki niat yang tulus. Selanjutnya niat yang tulus tersebut akan membakar semangatnya untuk selalu berbuat baik serta mewujudkan amal-amal sholeh,” ujarnya.

“Teruslah bekerja, baik dalam keadaan kenyang maupun lapar. Dan terus bekerja hingga akhirnya Allah SWT memberikan kemenangan yang besar,” pungkasnya.[ril | red 01]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *