Manfaatkan Lahan Kosong dengan Budidayakan Labu

halaman7.com Aceh Timur: Bagi masyarakat yang hanya memiliki lahan terbatas tak perlu pusing karena tanaman labu bisa di budidayakan dengan metode hidroponik.

Masyarakat juga bisa menjadikan tanaman labu sebagai pengisi pekarangan yang kosong yang hasilnya bisa untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Maupun bisa dijual ke pasar sebagai penambah pendapatan keluarga.

Budidaya tanaman labu inilah yang sedang dilakoni Babinsa Koramil Madat Kodim Aceh Timur Serda Syukri dan petani desa binaaannya di Dusun Kaye Uno, Kecamatan Madat, Aceh Timur.

Budidaya yang dilakukan ini merupakan bentuk atau cara Babinsa untuk menyemangati para petani binaannya, sekaligus membantu petani di wilayah binaan.

Ia berharap dengan dibantunya kegiatan perawatan tanaman ini akan dapat meringankan pekerjaan petani. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan program pemerintah bidang pertanian yakni suksesnya swasembada pangan di masa pandemi Covid-19.

Sebagai Babinsa kegiatan ini merupakan bentuk loyalitas sesuai perintah komando atas. Dengan terjun langsung ke lapangan, ikut mendampingi petani agar percepatan tanam segera terwujud.

Sementara salah seorang petani, Yusuf mengatakan dirinya menanam labu di lahan kosong sebagai usaha sambilan atau selingan. Ini merupakan saran dari  Babinsa.

Dimana, sebutnya, lahan kosong atau lahan terlantar itu perlu dimanfaatkan dengan tanaman yang produktif.

“Terimakasih kepada bapak TNI yang selama ini sering menyambangi. Dengan memberikan semangat kepada kami para petani,” ucap Yusuf, Sabtu 12 September 2020.[Antoedy]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *