Aceh  

Jasa Wak De Solusi Disaat Pandemi

halaman7.com Aceh Tamiang: UMKM Binaan TP-PKK Jasa Delivery “Wak De” siap membantu dan melayani kebutuhan masyarakat Aceh Tamiang dimasa pandemi Covid-19 saat ini.

Awalnya ini merupakan masukan dari anak-anak PKK yang meminta Ketua TP-PKK Aceh Tamiang untuk membina Wak De agar lebih berkembang. Mengingat seperti di kota-kota besar banyak layanan seperti grab, go food dan lainnya yang sangat berkembang.

“Saya langsung berpikir kenapa tidak Wak De ini kita bina dan kita kembangkan. Dimana anak-anak ini merupakan anak kreatif yang sebenarnya termasuk ke dalam UMKM yang berkembang di masa Covid ini. Secara tidak langsung juga makanan Aceh Tamiang terpromosikan,” terang Ketua TP-PKK Aceh Tamiang Dr Rita Syntia dan dipandu Kepala Bagian Humas Setdakab Aceh Tamiang Agusliayana Devita, Jumat 19 Maret 2021 dalam Program Bincag Tamiang (Bintang).

Rita Syntia menjelaskan Tim TP-PKK, ialah Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK). Kesejahteraan keluarga menjadi tujuan utama PKK. Hal ini dikarenakan keluarga merupakan unit terkecil masyarakat yang akan berpengaruh besar terhadap kinerja pembangunan.

Sedangkan Dekranasda itu ialah sebuah lembaga yang mengedepankan kerajinan tangan dari pecinta dan peminat seni. Dengan tujuan untuk meningkatkan kehidupan pelaku bisnisnya yang kebanyakan merupakan Kelompok Usaha Kecil Menengah (UKM).

Selain mendukung beberapa UMKM, sambungnya, segala program-program di lini PKK dan Dekranasda juga telah dijalankan untuk kesejahteraan masyarakat. Meski selama ini tidak terlepas dari tanggapan negatif dari masyarakat.

Bagi Rita, tanggapan negatif tersebut dianggap wajar. Karena masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui bagaimana peran dan fungsi dari TP-PKK yang merujuk pada program kerja nasional.

Baca Juga  Penerapan Jam Malam akan Berlaku Lagi di Aceh

“Maka dari itu, para kader-kader dan Ibu Datok Penghulu (istri Kepala Desa-red) selaku Ketua TP-PKK Kampung harus memahami peran dan fungsi. Maka program TP-PKK ini tidak akan sia-sia. Karena program dari TP-PKK ini sangat banyak dan baik untuk masyarakat. Saya berharap kader-kader dapat menghimbau ke masyarakat tentang program-program yang ada,” terangnya.

Perpanjangan Pusat

TP-PKK ini merupakan perpanjangan tangan dari TP-PKK pusat. Terlebih di masa Pandemi ini Pemerintah Aceh juga telah mengeluarkan program Gampang untuk ketahanan pangan keluarga.

Rita sangat berharap masyarakat dapat memanfaatkan pekarangan di rumah masing-masing untuk membuat perkebunan rumah. Dengan begitu dapat mengurangi hal-hal yang bersifat berkerumunan di pasar.

“Seperti dengan menanam sayuran dan lain-lain di halaman rumah,” jelasnya.[Antoedy]

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.