IAIN Langsa Wisuda 460 Sarjana Baru di Aceh

halaman7.com – Langsa: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa mewisuda 460 sarjana baru di Aceh. Wisuda ini dilakukan secara Dalam Jaringan (Daring) dan Luar Jaringan (Luring). Berlangsung di aula laboratorium kampus setempat, Kamis 17 Juni 2021.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan IAIN Langsa Dr H Muhammad Suhaili Sufyan MA menyebutkan, wisuda sarjana strata satu (S1) dan strata dua (S2) IAIN Langsa, menghasikan lulusan sebanyak 460 orang.

Suhaili merincikan, untuk lulusan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan berjumlah 126 orang.  Fakultas Syariah 107 orang, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah 63 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam 131.

Sedangkan untuk Program Pascasarjana sebanyak 33 orang yang terdiri dari Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES), 9 orang. Prodi Hukum Keluarga Islam (HKI), 13 orang dan Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), 11 orang.

Rektor IAIN Langsa, Dr H Basri MA mengatakan, pengembangan IAIN Langsa untuk menjadi perguruan tinggi yang berkualitas menjadi rujukan umat Islam. Memiliki kewibawaan akademik, menghasilkan berbagai tawaran ilmiah dan memiliki pengaruh dalam skala Internasional.

Maka orientasi ke depan adalah pada integrasi keilmuan. Untuk  itu IAIN Langsa sedang menata sistem pengelolaan yang lebih baik dan terpadu (digitalisasi) dan berkesinambungan. Bukan saja untuk memenuhi tuntutan masyarakat dan bangsa. Tetapi juga memperhatikan kemajuan yang dihadapi bangsa-bangsa lain terkait era revolusi industri 4.0 dan era globalisasi.

Memasuki periode kedua dari rencana strategis pengembangan IAIN Langsa, yakni sasaran Peningkatan Mutu Layanan. Dimana terjadinya berbagai kendala yang dihadapi didalam pencapaian visi kelembagaan. Terutama akibat dampak pandemi Covid-19.

Banyak aspirasi yang berkembang. Baik di lingkungan civitas akademika IAIN Langsa, maupun masyarakat Kota Langsa dan sekitarnya. Dimana IAIN Langsa diharapkan dapat bertransformasi menuju Universitas Islam Negeri (UIN).

“Peningkatan status kelembagaan Ini tentunya memerlukan kesiapan secara matang,” ujar rektor.[habib | red 01]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *