Kagamakarir.id UGM Diluncurkan, Lihat Jutaan Peluang Kerja ada Disini

halaman7.com – Jakarta: Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi yang juga Wakil Ketua Umum PP Kagama (Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada) meluncurkan Kagamakarir.id. Sabtu, 12 Juni 2021. Ini merupakan portal pengembangan karir persembahan Kagama untuk alumni, mahasiswa UGM dan masyarakat Indonesia.

Peluncuruan tersebut melalui webinar Seminar Nasional “Kesiapan Ketenagakerjaan Indonesia Menghadapi Revolusi Industri 4.0″ yang diselenggarakan Kagama di Jakarta.

Kagama karir ini menyediakan informasi lowongan pekerjaan. Berbagai informasi terkait pengembangan karir dan pelatihan pengembangan diri.

Kagama karir juga merupakan mitra masyarakat yang hendak memajukan masyarakat. Melalui berbagai program pelatihan dan pengembangan diri.

Gubernur Jawa Tengah,  Ganjar Pranowo yang juga Ketua Umum PP Kagama menyambut gembira hadirnya  portal Kagamakarir.id

Menurutnya, ini terobosan yang luar biasa yang bisa membantu alumni UGM dan masyarakat luas yang sedang membutuhkan. Bukan saja informasi pekerjaan dan beasiswa namun juga pelatihan kompetensi serta pengembangan diri dan karier.

Sebut Ganjar, dunia tidak semata sedang berubah tetapi sedang terdisrupsi. Di era disrupsi ini kemapanan bisa runtuh ketidak-mungkinan bisa terjadi.

Jenis pekerjaan bisa berubah setiap saat, banyak jenis pekerjaan lama yang hilang. Tetapi juga makin banyak jenis pekerjaan baru yang bermunculan.

Ada profesi yang hilang, tetapi juga ada profesi baru yang bermunculan. Hal ini mesti menjadi pemicu untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi.

“Caranya dengan meningkatkan kompetensi, keahlian dan kreativitas sejak dini. Dengan mengoptimalkan era digital dalam bekerja dan berkarya,” tegasnya.

Sementara itu Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah menyatakan kesiapannya menghadapi Revolusi Industri 4.0. Khususnya dalam mentransformasi pada sektor ketenagakerjaan.

Kementerian Ketenagakerjaan telah menyiapkan strategi untuk bisa berperan dan proses link and match pasar kerja. Terlebih di Industri 4.0 yang mengedepankan penggunaan teknologi dan sistem online.

Menurut Ida, untuk menghadapi proses transformasi ketenagakerjaan di era revolusi industri ini. Kemenaker terus melakukan kajian labour market assessment sebagai dasar penyusunan kebijakan pelatihan vokasi. Agar sesuai dengan munculnya peluang usaha dan jenis pekerjaan baru di era pandemi.

World Economic Forum (WEF) dalam laporan terbarunya memperkirakan di dunia akan ada 97 juta pekerjaan baru yang tumbuh bersamaan dengan 85 juta pekerjaan yang akan berkurang.

23 Juta Jenis Pekerjaan

Untuk Indonesia sendiri, sebagaimana dilaporkan McKinsey, diprediksi akan ada 23 juta jenis pekerjaan yang terdampak otomatisasi, serta akan ada puluhan juta pekerjaan baru yang muncul dalam kurun waktu tersebut.

Dalam Revolusi Industri 4.0. Penggunaan teknologi yang semakin meningkat dalam segala aspek kehidupan membuat pekerjaan menjadi sangat fleksibel baik secara waktu ataupun tempat. Sehingga pekerjaan tidak lagi harus dikerjakan dari kantor dengan jam kerja yang monoton.

“Perubahan ini mempercepat transformasi ketenagakerjaan yang terus bergerak ke arahrevolusi industri 4.0,” katanya.

Karena itu, kata Menkaer, saat ini kompetensi dan fleksibilitas kerja menjadi poin utama. Tenaga kerja juga dituntut untuk menguasai perkembangan teknologi dengan soft skills yang memadai. Selain itu, kreativitas, inovasi dan kewirausahaan akan menjadi poin penting bagi perkembangan dunia usaha ke depannya.

Menurutnya, kebijakan ini juga dikolaborasikan dengan kebijakan pelatihan vokasi lainnya seperti kebijakan triple skilling. Yakni skilling, re-skilling, dan up-skilling bagi pekerja. Optimalisasi pemagangan berbasis jabatan.

Lalu, peningkatan soft skills. Perubahan kurikulum dan metode yang berfokus pada human digital online. Penggunaan metode blended training serta kolaborasi dengan semua stakeholders. Terutama pelaku industri untuk menciptakan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.[Antoedy]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *