Kodim Aceh Timur Siapkan POTA bagi Penderita Thalasemia

halaman7.com – Langsa: Komandan Kodim (Dandim) Aceh Timur Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, merencanakan dan akan menghimpun kembali orang tua asuh  (POTA) bagi para penderita Thalasemia. Sebagai sarana untuk membantu penyediaan darah yang berada di wilayah kerjanya.

“Kami seluruh warga Kodim Aceh Timur merasa terpanggil untuk berpartisipasi dalam menyediakan darah secara rutin bagi penderita Thalasemia. Mengingat masih minimnya persediaan darah yang dimiliki Palang Merah Indonesia (PMI) maupun RSUD Kota Langsa,” ujar Dandim, Kamis 24 Juni 2021.

Sebut Dandim, melalui POTA bagi penderita Thalassaemia yang telah berjalan sejak 2015 hingga kini dirasa masih berjalan dengan optimal. Karena komposisi yang telah dijalankan adalah satu anak bakal memiliki sepuluh orang tua asuh.

Dr Dahnia MKes dari PMI Langsa menyampaikan rasa terima kasih atas kerjasama ini. Nantinya akan dituangkan dalam MoU penyediaan darah bagi penderita Thalasemia.

“Ini adalah kali ketiga akan terselenggaranya kegiatan setelah yang pertama berjalan dengan baik mulai 2015 lalu,” Dahnia.

Menurut Dahnia, penyakit Thalasemia adalah penyakit genetik yang belum ada obatnya hingga saat ini. Hanya dengan bantuan pendonor darah. Pengidap penyakit Thalasemia dapat bertahan hidup dan terjaga kondisi kesehatannya.[Antoedy]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *