Fase Darurat, Penanganan Bencana Harus Cepat dan Tepat

halaman7.com – Aceh Tamiang: Memasuki 2020, dunia diguncangkan wabah virus corona (Covid 19) yang menyebar sangat cepat keseluruh dunia.

Hal ini mendorong Pemerintah Indonesia, Pemerintah Daerah melakukan upaya dan mengambil kebijakan penting penanganan corona virus ini.

Selanjutnya, koordinasi dan penanganan yang cepat, tepat, efektif, efisien, terpadu, dan akuntabel diperlukan dalam penanggulangan bencana agar dampak yang ditimbulkan dapat diminimalisir termasuk wabah covid 19 ini.

Demikian kata Bupati Aceh Tamiang diwakili Asisten Tata Pemerintahan, Amiruddin dalam kegiatan peningkatan kapasitas Satuan Tugas (Satgas) di Kabupaten Aceh Tamiang dalam melakukan tindakan penyelamatan korban bencana darurat, Kamis 8 Juli 2021.

Kegiatan ini digelar Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA). Berupa pelatihan Tanggap Bencana Untuk Satgas Penanggulangan Bencana Kabupaten Aceh Tamiang 2021. Untuk merefresh dan meningkatkan pengetahuan, kemampuan bahkan kinerja para Satgas dalam penanganan Covid-19.

Lanjut Amiruddin, dalam penanggulangan bencana, khususnya dalam fase darurat harus dilakukan secara cepat, tepat, dan dikoordinasikan dalam satu komando.

Kegagapan dalam penanganan dan ketidakjelasan informasi dalam kondisi darurat bencana dapat menghambat dalam penanganan. Hal ini disebabkan belum terciptanya mekanisme kerja darurat yang baik.

Perbup 30/2020

Selanjutnya, terkait penanganan Covid-19. Bupati Aceh Tamiang Mursil telah mengeluarkan Peraturan Bupati Nomor 30/2020 tentang Peningkatan Penanganan Covid-19 sebagai upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019.

Hadir dalam kegiatan pelatihan ini Kepala Seksi Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Aceh, Fazli SKM MKes. Kepala BPBD Aceh Tamiang Syahri, SP. Kepala Dinas Kesehatan Aceh Tamiang, Ibnu Azis SKM. Danramil KRB Kodim Aceh Tamiang, Kapten Inf M Lumban Raja. Kabag Ops Polres Aceh Tamiang AKP Abdul Muin.[Antoedy]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *