Pesantren Dar Faqih Qur’ani Diresmikan

halaman7.com – Langsa: Pesantren Dar Faqih Qur’ani diresmikan. Pesantren ini terletak di Jalinsum, tepatnya perbatasan antara Gampong (desa) Birem Rayeuk, Kecamatan Birem Bayeun, Aceh Timur dan Gampong Alur Dua Bakaran Batee, Kecamatan Langsa Baro.

Peresmian itu dilakukan Bupati Aceh Timur diwakili Asisten II, Aiyub SKM Msi, Rabu 7 Juli 2021. Dalam peresmian ini juga dilakukan peusijuk (tepung tawar) oleh ulama kharismatik Aceh asal Aceh Timur H Muhammad Ali yang akrab disapa Abu Paya Pasi.

Ketua Yayasan Pembina I Dar Faqih Qur’anin sekaligus pemiliknya, H Sofyan Pakeh, mengatakan, berdirinya pesantren ini berawal dari bincang-bincang dirinya dengan Ustadz Dr Awwaluz Zikri Lc MA berapa waktu silam.

Dalam bincangnya ustad memgakui bahwa banyak alumni Timur Tengah di Langsa dan Aceh Timur, tapi belum semua mengajar untuk menyalurkan ilmunya. Dari situlah akhirnya menyepakti membangun pasantren tempat menimba ilmu agama anak-anak.

“Alhamdulillah, niat itu sudah terwujud. Meskipun, pesantren Dar Faqih Qur’ani masih sederhana dan belum sepenuhnya selesai. In syaa Allah, 2-3 tahun ke depan kita akan merampungkan semua fasilitas lain yang diperlukan agar anak-anak nyaman belajar disini,” ujarnya.

Diharapkan, keberadaan pesantren nantinya dapat berkembang dan maju. Tempat anak-anak menimba ilmu agama Islam serta pendidikan umum.

Bupati Aceh Timur diwakili Aiyub, mengatakan, Pemkab Aceh Timur, mendukung berdirinya Pesantren Dar Faqih Qur’ani ini.

“Mari kita semua mendukung Pasantren Dar Faqih Qur’ani ini. Untuk masyarakat Aceh dan khususnya Aceh Timur yang Agamis dan Islami. Demi tegakknya syariat Islam di Bumi Serambi Mekkah ini,” ajaknya.

Sementara Ketua pengurus yayasan pesantren, Dr Awwaluz Zikri Lc MA mengatakan, para pengajar sebagian besarnya dari alumni Timur Tengah atau IKAT. Tahun pertama dimulai belajar mengajar di pesantren Dar Faqih Qur’ani, pihak yayasan menerima masing-masing 100 santriwan/wati. Berasal dari berbagai kabupaten/kota di Aceh maupun luar Aceh sebagai angkatan pertama.

Hadir pada acara itu, Walikota Langsa, Usman Abdullah. Bupati Aceh Tamiang, Mursil, Dandim Aceh Timur, Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, Kapolres Langsa, AKBP Agung Kanigoro Nusantoro. Kapolres Aceh Timur, AKBP Eko Widiantoro.[habib | red 01]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *