Shabela Selempangi Mursil Kerawang Gayo, Bupati Aceh Tamiang Balas dengan Tombak Lada

halaman7.com – Aceh Tengah: Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar hadiahi Bupati Aceh Tamiang, Mursil dengan Kerawang Gayo. Bupati Aceh Tamiang, Mursil membalasnya dengan memberikan senjata khas Aceh Tamiang, berupa Tombak Lada.

Begitulah gambaran keharmonisan dan persahabatan kedua pemimpin di Aceh, yakni Bupati Aceh Tengah dan Aceh Tamiang dalam satu silaturrahmi di pendopo Aceh Tengah, Sabtu 3 Juli 2021.

“Dengan menerima kain selepang kerawang Gayo ini, Bupati Aceh Tamiang telah diterima menjadi warga Aceh Tengah,” ujar Shabela.

Menurut Shabela, orang Aceh Tamiang tidak asing lagi dengan orang Gayo. karena di Aceh Tamiang ada dua Kecamatan yang penduduknya rata-rata etnis Gayo.

Sementara itu, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Aceh Tamiang, memberi oleh-oleh khas berupa terasi gula aren dari kelapa sawit dan udang vaname untuk TP PKK Aceh Tengah.

Oleh-oleh khas Aceh Tamiang itu diserahka Ketua TP PKK Aceh Tamiang, Rita Syntia saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Aceh Tengah.

Sebaliknya, Ketua TP PKK Aceh Tengah, Puan Ratna menyerahkan mukena motif Gayo untuk Ketua TP-PKK Aceh Tamiang.

“Terima kasih kepada Bupati Aceh Tengah yang tidak lain merupakan sahabat Saya sendiri. Dalam kesempatan ini, Saya membawa Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga. Tujuannya untuk dapat mempelajari bagaimana cara mempromosikan pariwisata yang ada di Aceh Tamiang nantinya,” ujar Mursil.

Kerjasama

Kata Mursil, Aceh Tengah secara umur lebih tua dengan Aceh Timur. Jadi untuk apa belajar jauh-jauh kalau di Aceh saja banyak tempat untuk bisa belajar. Saat di tempat lain terjadi kemerosotan terkait ekonomi, tetapi di Aceh Tengah dampaknya tidak terlalu signifikan.

“Mudah-mudahan silaturrahmi ini bisa menjalin kerja sama antara Aceh Tamiang dan Aceh Tengah. Di bidang pertanian kita bisa bekerjasama salah satunya kopi,” sebut Mursil.

Dikatakan, saat ini di Aceh Tamiang ada produksi songket. Namun belum bisa diproduksi secara banyak. Jadi mohon kepada Ketua TP-PKK Aceh Tengah agar dapat memberikan kisi-kisinya. Agar bisa seperti kain tenun Aceh Tengah.

Kehadiran Bupati dan Ketua TP PKK Aceh Tamiang ke Aceh Tengah, guna mengunjungi Pusat Promosi Kerajinan Gayo dan melihat UKMK Tenunan Gayo di Kampung Bebesan.

Dalam kesempatan itu, Ketua TP-PKK Aceh Tengah, Puan Ratna menceritakan daerah berhawa sejuk itu telah memperoleh cerita wastra dengan tema “aku dan kain”.  Serta mendapatkan juara 1 Anugerah Pariwisata untuk Kampung Kerajinan Bebesan.[ril |Antoedy]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *