Dibuka Walikota, TMMD ke-112 di Langsa Resmi Dimulai

halaman7.com – Langsa: Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 Kodim Aceh Timur 2021 di Gampong Simpang Lhee, Kecamatan Langsa Barat, Kota Langsa, resmi dimulai, Rabu 15 September 2021.

Hal itu ditandai dengan dibukanya kegiatan tersebut oleh Walikota Langsa, Usman Abdullah di aula Yudha Makodim dengan cara sederhana, karena situasi pandemi.

Walikota Langsa, Usman Abdullah saat pembukaan mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari bentuk cara menjaga dan mengingat kebersamaan serta gotong royong. Untuk mengatasi persoalan-persoalan yang ada di sekitar. Serta upaya membangun karakter dan kemandirian kedepan.

Pelaksanaan TMMD ini, lanjut Walikota, akan di arahkan pada pembangunan sarana prasarana yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat sekitar. Sehingga dapat meningkatkan kenyaman dan kesejahteraan masyarakat setempat.

“Inilah cita-cita yang harus kita wujudkan bersama,” ujar walikota yang akrab disapa Toke Suum.

Tiga Kabupaten/Kota

Sementara itu, Pangdam Iskandar Muda (IM) dalam amanatnya yang disampaikan Kapoksahli, Brigjen TNI Primadi Saiful Sulun, menyampaikan Program TMMD di wilayah Kodam IM kali ini, serentak di tiga kabupaten/kota. Yaitu Kabupaten Aceh Utara, Aceh Timur dan Kota Subulsaalam.

TMMD sebagai salah satu wujud operasi bhakti TNI. Merupakan program terpadu, lintas sektorial antara TNI, Polri, Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Kementrian dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya.

Dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat. Guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan. Khususnya daerah yang tergolong tertinggal/miskin, terisolasi/terpencil, daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena akibat bencana.

Sasaran yang ingin dicapai dalam penyelenggaraan TMMD kali ini. Berkembangnya kesamaan visi dan misi antara aparatur pemerintah daerah bersama para tokoh mayarakat. Secara terpadu dan lembaga dalam memberdayakan masyarakat.

Pangdam meminta seluruh prajurit, agar dalam melaksanakan tugas di lapangan memperhatikan dan mempedomani dalam pelaksanaan TMMD. Satgas TMMD tinggal bersama di rumah masyarakat. Sehingga tali silahturami TNI dengan rakyat dapat bersatu padu. Dengan mengikuti kearifan lokal yang bernuansa Islami.

“Terpenting, tetap mempedomani Protokol Kesehatan Covid-19,” pungkasnya.

Pembukaan dilaksanakan secara simbolis dengan penandatanganan dan penyerahan berita acara. Penyerahan alokasi dana APBK Swakelola Kota Langsa untuk TMMD dari Walikota Langsa Usman Abdullah kepada Dandim Aceh Timur Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar. Disaksikan Kapoksahli Pangdam IM dan Kasrem Lilawangsa, Letkol Inf Sunardi Istanto.

Hadir dalam pembukaan TMMD ini, Ketua DPRK Langsa Zulkifli Latief. Danyonif Raider Khusus 111/KB yang diwakili Dankima Kapten Inf Gandhi Mustofa. Kasdim Mayor Kav Dani Syahputra. Camat Langsa Barat, Hadi Wijaya. Geuchik Gampong Simpang Lhee, Ismail.[Antoedy]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *