Aceh Jaya Dukung Program Pemulihan dan Pelestarian Pesisir Pantai

halaman7.com –  Calang: Pemerintah Aceh Jaya mendukung penuh terhadap pelaksanaan kegiatan pelestarian dan pemulihan pesisir pantai dengan bentuk penanaman mangrove yang dilakukan lembaga Yagasu Aceh.

Kegiatan yang dilakukan lembaga Yagasu di Aceh Jaya merupakan bentuk upaya pemulihan dan pelestarian lingkungan di wilayah Pesisir Barat Provinsi Aceh. Dimana Yayasan Gajah Sumatera-Aceh (Yagasu-Aceh) melaksanakan penanaman 25.000 bibit pohon Mangrove jenis Rhizophora mucronata dan Rhizophora stylosa seluas 10 hektare di kawasan Gampong Lhok Timon, Kecamatan Setia Bakti, Kabupaten Aceh Jaya, Rabu 25 Mei 2022.

Asisten II Setdakab Aceh Jaya, Rahmat Oriza menyampaikan pemerintah sangat mendukung dan mengapresiasi atas penyelenggaraan program penanaman bibit mangrove di Aceh Jaya, yang dilaksanakan Yagasu Aceh.

Rahmat berharap, kegiatan seperti ini agar dapat terus dilaksanakan secara kontinue dalam rangka pengembangan dan pelestarian kawasan manggrove di wilayah pesisir Barat provinsi Aceh .

Mudah-mudahan melalui program ini dapat menimbulkan kecintaan masyarakat dalam menjaga lingkungan serta melindungi hutan mangrove. Sekaligus menjadi salah satu strategi pemerintah dalam meningkatkan dan pemulihan ekonomi masyarakat yang berada di kawasan pesisir.

Direktur Yagasu, Meilinda Suriani Harefa mengungkapkan, program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas lingkungan ekosistem mangrove untuk mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, pengurangan resiko bencana alam, konservasi keanekaragaman hayati serta pemberdayaan masyarakat pesisir.

“Kegiatan ini adalah melakukan penanaman mangrove, pertama kami siapkan lahan seluas 420 hektar di kabupaten Aceh Jaya dimulai pada Agustus 2021 lalu. Kemudian kami melihat semangat masyarakat sangat antusias mengikuti pelatihan-pelatihan sehingga menambah lagi lahan untuk penanaman bibit pohon mangrove,” ujarnya.

Selama ini Lembaga Yagasu-Aceh telah bekerja di pesisir timur Provinsi Aceh sejak 2001. Kedepan Yagasu juga siap berkolaborasi dengan pemerintah setempat guna pelestarian lingkungan dengan menanam pohon mangrove.

Baca Juga  Lansia Divaksin di Puskesmas Langsa Timur

“Jika ada masukan atau pun ide-ide untuk program kami yang bisa kita kembangkan untuk peningkatan ekonomi masyarakat. Lembaga Yagasu-Aceh siap menerimanya dan siap berkolaborasi,” imbuhnya.

Kegiatan tersebut turut hadir Asisten II Setdakab Aceh Jaya, DLHK Provinsi Aceh, UPTD KPH Wilayah I Aceh, BKSDA Aceh, DKP Aceh Jaya, Perwakilan Kodim Aceh Jaya, Camat Setia Bakti, PMI Aceh Jaya, Kapolsek Setia Bakti, dan Kepala Desa setempat.[Mus Calang | Red 01]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.