Ratusan Pelajar Madrasah di Langsa Ikut Perkemahan Dua Bahasa

Para peserta perkemahan dua bahasa di Langsa.[FOTO: h7 - ist]

halaman7.com – Langsa: Ratusan pelajar tingkatan MI, MTs dan MA se Kota Langsa mengikuti perkemahan Pramuka dua bahasa. Perkemahan dua bahasa ini merupakan yang perdana di Aceh. Digelar Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Langsa di Lapangan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Terpadu, Rabu 21 September 2022.

Ketua Kwarcab Pramuka Kota Langsa, Dr H Marzuki Hamid MM menyebutkan, kegiatan perkemahan pramuka pemantapan bahasa asing dalam lingkup Satuan Komunitas (SAKO) Kementerian Agama Langsa ini sangat penting.

Banyak sekali manfaat serta keuntungannya. Antara lain dapat menikmati suasana alam yang indah, sejuk, tenang dan kondusif di Bumi perkemahan Pramuka Madrasah Islam terpadu Kota Langsa.

Kemudian dapat melatih dan memantapkan kemampuan berbahasa asing. Karena dalam perkemahan ini tidak boleh berbahasa lain kecuali bahasa Inggris dan bahasa Arab.

Perkemahan Pramuka ini menambah kemampuan dan menjadi modal untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta berinteraksi dengan dunia luar. Karena referensi dan buku-buku serta sumber Iptek itu tertulis dalam dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris.

Sementara itu, Ketua Mabi Sako Ikhlas Beramal yang juga Kakankemang Kota Langsa, Drs H Hasanuddin MH, mengatakan, kegiatan perkemahan bahasa SAKO Ikhlas Beramal berlangsung Rabu-Kamis, 21-22 September 2022.

Adapun peserta dari seluruh MI, MTS, MA sebanyak 356 orang. Dengan rincian, MI sebanyak 80 laki-laki dan 80 perempuan. MTs, 24 laki-laki dan 40 perempuan dan MA, 24 laki-laki dan 24 perempuan.

Ditambah pembina 38 laki-laki dan 38 perempuan. Dengan total 116 laki-laki dan 190 perempuan.

Sedangkan untuk perlombaannya ada pidato dua bahasa, membuat mading dalam dua bahasa, yel-yell Gudep dalam dua bahasa.

Ketua pelaksana kegiatan Ibnu Haldun SAg MH didampingi Sekretaris Fakriansyah SPd, menjelaskan untuk kegiatan tambahan perkemahan Pramuka penampilan malam seni dan expo madrasah dengan mengusung tema ‘Kemah Bahasa Menuju Jambore Internasional’.

Baca Juga  April, Seluruh ASN di Aceh Tamiang Divaksin

Ditampilkan juga tarian kolosal dari MIN 2 Langsa yakni tari semapor dan tarian kolosal dari MAN 1 kolaborasi MAN 2 Langsa.[ril | Antoedy]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.