Dinkes Agara Bantu Bayi Lahir Tanpa Cangkang

Kepala Puskesmas Suka Makmur, memberi bantuan bagi bayilahir tanpa cangkang.[FOTO: h7 - rimbee]

halaman7.com Kutacane: Sebelum viral di media sosial. Jajaran Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Aceh Tenggara (Agara) sudah berupaya maksimal. Untuk membantu Surya Darma (11 bulan) yang lahir tanpa cangkang.

Selain memberikan bantuan makan tambahan, susu bayi. Melalui UPTD Puskesmas Suka Makmur. Bantuan materi juga diberikan kepada kedua orangtua pasien.

“Berbagai upaya sudah kita lakukan. Hari ini akan dirujuk ke rumah sakit,” sebut Rahmawati, Kepala Puskesmas Suka Makmur, Sabtu 12 Nopember 2022.

Seperti diketahui, Surya Darma warga Desa Titi Pasir, Kecamatan Semadam. Lahir tanpa cangkang tulang lutut.

Kondisi anak kedua dari pasangan dari Dedi Sahputra dan Imelda Sembiring tersebut sangat memprihatinkan. Saat ini pasien masih mendapatkan perawatan intensif dari pihak RSUD Sahudin Kutacane.

“Direncanakan pasien akan dirujuk ke RSU Zainal Abidin, Banda Aceh,” ujar Rahmawati.

Saat ini pasien sudah di RSUD H Sahudin. Di tangani dokter bedah. Sepintas dari face anak multiple kongenital, hidrochefalus (pembesaran kepala). Mungkin adanya cairan dalam otak.

“Pasien juga mengalami malnutrisi,” jelas Direktur RSUD Sahudin Kutacane, dr Bukhari SpOG.

Bayi lahir tanpa cangkang di Aceh Tenggara.[FOTO: h7 – rimbee]
Ditambahkan, anak lahir tanpa tempurung lutut merupakan kasus yang sangat jarang terjadi. Kasus ini sering disebut absen platela (tempurung) atau small platela syndrome.

“Kasus ini merupakan kasus kelainan kongenital. Sering juga disertai dengan kelainan lain. Seperti dislokasi tulang paha ataupun tulang panggul. Untuk lebih lanjutnya pasien dilengkapi dengan foto kaki.

“Lalu nanti kami konsulkan ahli bedah tulang di Banda Aceh,” tambah dr Bukhari.[rimbee]

Baca Juga  Selaraskan Program Pertanahan, Kepala BPN Temui Kapolda Aceh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.