Tuntut AM Diganti, Massa Geruduk Kemendagri

Aksi di gedung Kemendagri tuntut pergantian Pj Gubernur Aceh.[FOTOL h7 - ist]

halaman7.com – Jakarta: Puluhan massa aksi yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Serambi Mekah menggelar aksi demonstrasi penolakan perpanjangan Achmad Marzuki (AM) sebagai Pj Gubernur Aceh di depan gedung Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Senin 19 Juni 2023.

Meskipun suasana Ibukota Jakarta sempat diguyur hujan lebat. Namun terlihat puluhan peserta aksi sangat antusias malakukan aksinya di gedung Kemendagri. Aliansi Mahasiswa Serambi Mekah dengan tegas menolak perpanjangan Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki yang dinilai telah gagal membawa perubahan terhadap Aceh.

Wahyu Ramadana selaku Kordinator Lapangan (Korlap) dalam orasinya menyampaikan, aksi ini tidak terlepas dari berbagai persoalan Aceh yang terjadi saat ini.

Pihaknya melihat bagaimana carut-marutnya Aceh saat ini. Progres yang dilakukan semenjak Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki tidak menunjukan hasil apapun. Maka sudah saatnya posisi Pj Gubernur harus segera di evalusi.

“Kita melihat komitmen Pj Gubernur Aceh untuk mencari solusi terhadap menurunnya satu persen pendapatan Aceh melalui dana Otsus, sampai saat ini belum terealisasi,” ujar Wahyu.

Belum lagi skema pembangunan Aceh dengan tantangan yang ada sejak Pj Gubernur Aceh dilantik belum memiliki arah yang jelas. Dalam menekan angka kemiskinan, stunting, indeks pembangunan manusia. Pertumbuhan ekonomi Aceh jauh di bawah target RPJMA. Dimana dari target 6 persen, hanya tercapai 4,21 %.

Maka dari itu, diharapkan Presiden, Joko widodo dan Mendagri, Tito Karnavian untuk dapat mengganti Achmad Marzuki sebagai PJ Gubernur Aceh.

“Kita berharap Presiden dan Mendagri dapat menunjuk putra daerah Aceh yang berkompeten. Untuk dapat menduduki kursi nomor satu di Provinsi Aceh”, tutup Wahyu Ramadana.

Aliansi Mahasiswa Serambi Mekah juga menyampaikan sejumlah petisi. Diantaranya, meminta DPR Aceh menyurati Mendagri untuk mengganti AM sebagai Pj Gubernur Aceh.

Baca Juga  Gelap Terang Masa Depan Media, Mau Kemana?

Meminta DPR Aceh untuk tidak memasukan nama AM sebagai rekomendasi Pj Gubernur Aceh. Karena di anggap telah gagal dalam memimpin Aceh.

Petisi lainnnya, mendesak Presiden Jokowi dan Kemendagri untuk menunjuk Pj Gubernur Aceh dari putra asli daerah Aceh yang berkompeten.[ril | red 01]

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *