Jaboi Village Festival Wadah Lestarikan Tradisi

Pj Walikota Sabang ikut menganyam bersama seorang ibu di Jaboi Village Festival 2023.[FOTO: h7 - dok humas]

halaman7.comSabang: Pemerintah Kota Sabang melalui Dinas Pariwisata menggelar Jaboi Village Festival 2023. Kegiatan ini menjadi wadah kreatifitas masyarakat sekaligus upaya melestarikan kembali tradisi setempat.

Kegiatan ini dibuka Pj Walikota Sabang, Reza Fahlevi dan dihadiri unsur Forkopimda, di Taman Pasie Jaboi Kecamatan, Sukajaya, Sabang, Minggu 20 Agustus 2023.

Banyak atraksi khas daerah yang menarik yang ditampilkan masyarakat Gampong Jaboi. Seperti aktivitas kuliner dan kerajinan. Mulai dari suguhan kupi gampong, peungat (ketan), jambe kaleng (olahan buah jamblang), awee (anyaman dari rotan), UMKM Jaboi, bleut (anyaman dari daun kelapa), jeumeulan teupeuleumak (olahan keong laut), dan manok boh kulu (olahan ayam).

“Kegiatan ini adalah upaya mengenalkan kerajinan dan olahan makanan tradisional khas di sini. Kita punya potensi yang harus kita pelajari dan lestarikan bersama,” kata Pj Walikota Sabang.

Menurutnya, festival ini menjadi ajang latihan sekaligus menambah atraksi baru. Ketika menyambut wisatawan lokal maupun mancanegara. Dimana melibatkan para pemuda Gampong Jaboi dalam pelaksanaannya.

“Ketika sampai di Sabang, saya pertama kali diundang untuk ngopi disini, sekarang saya lihat sudah banyak perkembangan yang terjadi. Terimakasih kepada seluruh masyarakat, Pokdarwis, saudara Irwan Mahdi, saudara Saipul sebagai masyarakat Jaboi,” ujar Reza Fahlevi.

Pj Walikota Sabang berharap kegiatan seperti ini dapat memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat. Dimana terjadi perputaran uang yang berujung pada peningkatan ekonomi.

Pada kesempatan tersebut, Pj Walikota Sabang turut menyicipi kuliner dan menyaksikan pembuatan kerajinan masyarakat Jaboi.

Tidak disuguhkan atraksi utama, Jaboi Village Festival 2023 juga diwarnai perlombaan. Seperti lomba lempar jeu dan lomba poh bantai. Dilaksanakan untuk memperingati HUT ke 78 Kemerdekaan RI di gampong setempat.[M Munthe]

Baca Juga  Tim Peucrok Tetap Gencarkan Operasi Yustisi di Langsa

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *